Remote desktop merupakan salah satu fitur yang bisa ditemukan pada sistem operasi Microsoft Windows yang berguna untuk memungkinkan pengguna terkoneksi ke sebuah komputer dari jarak jauh (remote). Pada sistem operasi Windows, Remote Desktop ini menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP) yang secara default berjalan di TCP port 3389.

Remote Desktop Protocol atau sering di singkat RDP merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop. RDP dirancang berdasarkan protocol T.120 yang spesifikasinya diumumkan oleh International Telecommuication Union (ITU). Protokol ini juga digunakan dalam perangkat lunak konferensi jarak jauh milik Microsoft yaitu NetMeeting.

Secara umum, terdapat du model penggunaan RDP, yaitu Virtual Desktop Infrastructure(VDI) dan Remote Desktop Service (RDS). RDS yang dulunya dikenal dengan nama Terminal Service merupakan teknologi yang berbasis server (server-based). RDS memungkinkansharing sumber daya dari server Windows yang menjalankan servis. Dengan demikian, beberapa pengguna dapat menggunakan atau mengakses sistem operasi pada waktu yang bersamaan. Selain itu administrator dari server yang menjalankan RDS dapat mengatur hak akses apa saja yang diberikan kepada seorang pengguna.

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Share This