Salah satu langkah aksi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi , pendapatan negara, daya saing dan nilai tambah, serta kesejahteraan masyarakat yakni peningkatan kemudahan layanan ekspor dan pengendalian impor, termasuk pada produk-produk kompditi perikanan dengan mengembangkan kerjasama bilateral dalam rangka pertukaran sertifikat secara elektronik.

Tercatat 150.000 health certificate yang diterbitkan dalam rangka kegiatan ekspor ikan dan produk perikanan, serta 6.900 health certificate dari negara asal yang harus diverifikasi oleh UPT lingkup BKIPM. Pertukaran Sertifikat Elektronik merupakan solusi tepat dalam menyediakan verifikasi online serta keabsahan dokumen yang dipersyaratkan sesuai ketentuan secara cepat dan handal serta meningkatkan efisiensi prosedur pelayanan dengan menggunakan teknologi informasi.
Dalam kegiatan ekspor, pertukaran sertifikat elektronik akan meningkatkan kemudahan pelayanan ekspor di negara tujuan dengan cara memperkuat jaminan keaslian melalui otentifikasi digital, mengurangi resiko pemalsuan dokumen, mengurangi penggunaan kertas, serta mencegah kecurangan dalam perdagangan.

Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) yang menggandeng Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara dan Netherlands Food and Consumer Product Safety Authority (NVWA) Melaksanakan End Seminar sebagai tanda keberhasilan dan juga memberikan paparan terkait hasil kerjasama yang sudah terjalin sejak 23 November 2016.

Kegiatan End Seminar dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Desember 2017 di Gedung BKIPM Jakarta I lantai 3, Jl C3, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng.

Acara End Seminar ditandai dengan Penandatanganan MoU antara Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dengan Netherland Food and Consumer Products Safety Authority (NVWA) yang disaksikan oleh Konselor Pertanian Kedutaan Besar Belanda dan Kepala BSrE.

Acara ini dihadiri oleh Agriculture Conselor Kedutaan Besar Belanda, Senior Responsible Officer e-Certificate for Netherland Food and Consumer Product Safety, Pejabat Struktural KKP, Pejabat struktural BSrE, serta pimpinan Eksportir/Importir Produk Perikanan.

FAD/NOV

Infomed

Laporan Kinerja Lemsaneg 2016

Berikut disampaikan Laporan Kinerja Lembaga Sandi Negara Tahun 2016. File bisa diunduh pada link dibawah ini atau dapat mencari di portal.lemsaneg.go.id untuk versi lengkapnya. Terima Kasih Laporan Kinerja Lemsaneg 2016 Berita Terbaru Panduan...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This