Jakarta (19/6). Server Message Block (SMB) merupakan protokol jaringan yang menyediakan layanan file sharing, network browsing, printing service dan komunikasi interproses dalam jaringan. Telah ditemukan kerentanan information disclosure pada protokol Microsoft Server Message Block 3.1.1 (SMBv3) yang disebabkan oleh kelemahan fungsi decompression Srv2DecompressData yang digunakan dalam protokol tersebut. Kerentanan ditemukan pada Sistem Operasi Windows 10 versions 1903 and 1909 dan Server Coredengan versi yang sama.

Eksploitasi terhadap kerentanan tersebut memungkinkan dilakukannya pengiriman pesan request yang dibuat secara khusus pada SMBv3 Server, terbacanya uninitialized kernel memory serta dilakukannya modifikasi fungsi kompresi. Jika ekploitasi terhadap SMBleed dikombinasikan dengan kerentanan SMBGhost/EternalDarkness bug (CVE-2020-0796) maka dampak terburuk yang mungkin terjadi dari eksploitasi kerentanan tersebut adalah remote code execution yang memiliki tingkat dampak KRITIKAL. 

Untuk meminimalisir risiko kerentanan keamanan tersebut mutakhirkan patch sistem operasi Windows; nonaktifkan SMBv3 compression; tutup port 445 untuk meminimalisir risiko lateral movement; terapkan perimeter firewall; dan lakukan host isolation jika diperlukan. Mengingat dampak yang mungkin muncul dari eksploitasi kerentanan tersebut, diharapkan pengguna segera melakukan tindakan mitigasi dan remediasi yang dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...