Perkembangan teknologi komunikasi dan internet saat ini berjalan secara masif dan cepat. Hampir semua kalangan lintas usia menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, jumlah pengguna internet terus berkembang dari tahun ke tahun. Teknologi internet banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti media sosial maupun perdagangan berbasis elektronik. Hal ini disampaikan Kepala BSSN Djoko Setiadi, M.Si saat memberikan ceramah kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan  (PPSA) XXII Tahun 2019 Lemhanas RI, di Jakarta, Selasa (14/5).

Hasil penelitian terbaru dari Google dan Temasek Holdings, nilai internet Asean tembus 3528 triliun. “Indonesia merupakan salah satu negara pengguna manfaat perkembangan teknologi internet. Bahkan saat ini, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang terbesar dan tercepat di asia tenggara”, kata Djoko Setiadi. Aktivitas internet banyak digunakan oleh masyarakat indonesia, khususnya untuk berselancar di media sosial. Bahkan pengguna facebook indonesia merupakan yang terbesar ke-4 di dunia. Hal ini tentunya dapat menjadi nilai positif dan juga nilai negatif. Karena dengan semakin banyaknya pengguna internet di indonesia, maka penyebaran informasi akan menjadi lebih cepat.

Selanjutnya Kepala BSSN menyampaikan tentang ancaman siber ditinjau dari banyak dimensi, diantaranya adalah dimensi sosial budaya, “Ancaman siber dapat menyebabkan adanya pencurian identitas, pelanggaran hak cipta, dan pornografi”, tegasnya. Ditinjau dari keselamatan umum, ancaman siber yang memungkinkan terjadi adalah serangan siber terhadap infrastruktur informasi kritikal nasional. Djoko menambahkan bahwa Ancaman siber terbesar terletak pada dimensi teknologi yaitu berupa serangan siber seperti distributed denial of service atau ddos, hacking, phishing, targeted attack, advanced persistent threat atau apt, dan pemanfaatan darkweb untuk aktivitas ilegal.

Dihadapan para peserta PPSA angkatan 22, kepala BSSN meyampaikan bahwa ancaman siber dapat dimanfaatkan untuk provokasi politik, hoaks dan sara serta hate speech yang dapat memunculkan ideologi radikalisme, terorisme, dan liberalisme. Ancaman siber lainnya dari dimensi ekonomi yaitu dengan menyerang sektor finansial melalui penipuan online.

Diakhir ceramah Djoko Setiadi mengungkapkan bahwa upaya serangan siber di indonesia sangat masif. Berdasarkan data ID-SIRTII, jumlah serangan siber di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 232.447.974 serangan. Sementara itu, jumlah aduan siber ke Pusat Kontak Siber BSSN adalah 619 aduan. Dari tahun 2018 sampai dengan 3 mei 2019, BSSN telah mendeteksi serangan siber sebanyak 27.700.668 serangan dan serangan malware sejumlah 514.202 serangan.

Indonesia juga tidak luput dari serangan advanced persistent threat atau apt dan cyber threat intelligence atau cti. BSSN telah mendeteksi beberapa serangan apt pada sektor pemerintah, sektor infrastruktur informasi kritikal nasional, serta sektor ekonomi digital di indonesia. “Serangan-serangan tersebut perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan kewaspadaan nasional terhadap ancaman siber. Hal ini perlu diperhatikan mengingat dampak yang ditimbulkan dapat merugikan Indonesia”, tegas Kepala BSSN.

Dalam menghadapi ancaman siber tersebut, terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan sehingga diharapkan mampu mencegah dan meminimalisasi dampak dari setiap ancaman dan serangan siber. Dalam hal ini, upaya kolaborasi, koordinasi, dan sinergi, serta information sharing merupakan langkah yang tepat. Salah satu bentuk upaya kolaborasi, koordinasi, sinergi, dan information sharing adalah melalui hubungan bssn selaku institusi yang menangani bidang keamanan siber indonesia, dengan para stakeholder.

Kepala BSSN berharap melalui  ceramah ini, kita semua dapat menyadari beberapa bentuk ancaman siber yang terjadi beserta dampak masifnya. Sehingga, kita semua mampu meningkatkan kewaspadaan dalam diri sendiri. Pembangunan kewaspadaan setiap individu diharapkan mampu mewujudkan kewaspadaan nasional dalam menghadapi ancaman siber. (fmn)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Kepala BSSN Hinsa Siburian Beri Penghargaan Kepada Pegawai BSSN

Jakarta (BSSN) - Upacara peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Halaman Kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Jakarta, Sabtu (17/8). Dalam peringatan itu Kepala BSSN Hinsa Siburian menghimbau ke seluruh pegawai BSSN agar terus...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This