Jakarta (26/6). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Komisi I DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan agenda Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) serta Rencana Kerja Pemerintah (RKP) BSSN Tahun 2021. Kepala BSSN, Hinsa Siburan, beserta jajaran hadir di Ruang Rapat Komisi I, Gedung Nusantara II Kompleks DPR dan MPR RI, Kamis (25/6/2020) pagi.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Utut Adianto, memimpin Raker yang digelar tertutup selama dua setengah jam mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB dan diikuti oleh 53 Anggota Komisi I DPR RI.

Utut kemudian membacakan rangkaian agenda Raker diantaranya diskusi tentang RKA dan RKP BSSN Tahun 2021 serta isu-isu aktual salah satunya mengenai pengamanan informasi pada masa pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh BSSN.

Dalam paparannya Hinsa Siburian menjelaskan sejumlah perencanaan program kerja BSSN terkait dengan keamanan dan ketahanan siber pada tahun 2021. Menurutnya, BSSN bersama berbagai stakeholderkeamanan siber di Indonesia terus berkoordinasi dan berkolaborasi sebagai bagian dari upaya mewujudkan keamanan nasional dan kesejahteraan bangsa.

Hinsa juga menyebutkan, BSSN sesuai tugas dan fungsinya terus melakukan langkah pengamanan informasi pada sektor-sektor yang ditangani serta menyelenggarakan berbagai program edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Menanggapi paparan Hinsa tersebut Utut dan para Anggota Komisi I yang hadir menyampaikan apresiasi terhadap BSSN atas berbagai upaya dan dukungan dalam melakukan pengamanan informasi pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia; antara lain Edukasi masyarakat melalui kampanye literasi keamanan siber, sosialisasi budaya keamanan siber serta diseminasi panduan keamanan pemanfaatan aplikasi video conference juga terus dilakukan, terutama pada masa pandemi ini.

Selain itu, Komisi I DPR RI juga mendorong BSSN agar terus meningkatkan upaya pengamanan dan meminimalisir risiko ancaman informasi di ruang siber dengan memanfaatkan hasil karya mandiri dan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga terutama menjelang Pilkada serentak 2020 dan pada masa transsisi tatanan kehidupan new normal.

Jajaran pejabat BSSN juga hadir dalam Raker ini diantaranya Wakil Kepala BSSN Dharma Pongrekun, Sestama BSSN Syahrul Mubarak, Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN Suharyanto, serta para pejabat eselon II, III dan IV terkait.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...