KOPPI SIBER

A. Deskripsi

KOPPI SIBER (Konsultasi Penanggulangan dan Pemulihan Insiden Siber) merupakan pelayanan konsultasi yang responsif dan tepercaya dapat dimanfaatkan oleh pengguna dalam kondisi dimana terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang telah mengganggu suatu keberlangsungan layanan pengguna, yaitu sektor Pemerintah, sektor Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional, serta sektor Ekonomi Digital.

B. Visi dan Misi

”Menjadi pemberi solusi dari permasalahan insiden siber yang efektif, professional dan tepercaya”

Dalam mewujudkan visi di atas, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan menetapkan beberapa misi sebagai berikut:

  1. Memberikan pelayanan konsultasi terbaik;
  2. Mengutamakan prinsip-prinsip layanan;
  3. Memberikan jasa dan solusi dalam konsultasi yang terkait permasalahan insiden siber.

C. Motto

“YOUR SECURITY’s INCIDENT IS OUR CONCERN”

Motto tersebut menggambarkan semangat dan komitmen dalam memberikan pelayanan konsultasi guna membangun kepercayaan pemangku kepentingan pada penanggulangan dan pemulihan insiden siber.

D. Prosedur

  1. Pihak Pemohon mengajukan permohonan konsultasi dengan melampirkan nama, alamat email, nomor telepon point-of-contact pihak Pemohon, penjelasan detail mengenai insiden yang dialami pada formulir dan dikirimkan pada Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopkamsinas) sebagai Pusat Kontak Siber nasional
  2. Pihak Pemohon membuat Perjanjian Persetujuan Pertukaran Informasi tentang Insiden Siber sesuai format yang telah ditetapkan
  3. Bidang Layanan Operasional Pusopkamsinas memverifikasi data dan laporan Pemohon
  4. Bidang Layanan Operasional Pusopkamsinas menyetujui atau menolak permohonan konsultasi insiden siber
  5. Jika disetujui, permohonan diteruskan oleh Pusopkamsinas kepada Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan (sektor kedeputian tergantung pada sector Pemohon)
  6. Jika disetujui, point-of-contact Pemohon akan dihubungi oleh Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan sesuai sektor serta berhak mendapatkan konsultasi insiden siber.

E. Maklumat

MAKLUMAT PELAYANAN

KONSULTASI PENANGGULANGAN DAN PEMULIHAN INSIDEN SIBER

DENGAN INI, KAMI SEGENAP PIMPINAN DAN JAJARAN PENGELOLA PELAYANAN KONSULTASI PENANGGULANGAN DAN PEMULIHAN INSIDEN SIBER MENYATAKAN SANGGUP UNTUK PROFESSIONAL DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KONSULTASI PENANGGULANGAN DAN PEMULIHAN INSIDEN SIBER SECARA BERKELANJUTAN SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU. APABILA TERDAPAT PELAYANAN YANG TIDAK SESUAI, MAKA SIAP DIBERIKAN SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU.

Jakarta,                               

DEPUTI BIDANG PENANGGULANGAN DAN PEMULIHAN

Share This