Jakarta (29/01)- Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal melaksanakan kunjungan ke Badan Siber dan Sandi Negara. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 orang mahasiswa Program Diploma III Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Januari 2019 di Auditorium Roebiono Kertopati Ragunan Jakarta Selatan. Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Teknik Komputer Miftahul Huda, M. Kom diterima langsung oleh Kasubbag Publikasi dan Dokumentasi Bagian Komunikasi Publik Yudhi Hernawan, S.Sos., M.Si.  Dalam kesempatan tersebut Ketua Program Studi Teknik Komputer Miftahul Huda, M. Kom menyampaikan maksud dan tujuan melakukan kunjungan ke BSSN. Hal ini merupakan salah satu perwujudan Tridarma perguruan tinggi, serta untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan dalam bidang keamanan siber dan persandian sehingga dapat memacu semangat khususnya mahasiswa Prodi Teknik Komputer untuk lebih giat lagi dalam belajar. Selain hal tersebut juga disampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang begitu hangat oleh BSSN serta berharap dapat berkunjung kembali di lain kesempatan.

BSSN selaku tuan rumah menyambut positif atas kunjungan Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal, semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi semua khususnya bagi para mahasiswa sebagai generasi harapan bangsa. Dalam sambutan Sekretaris Utama yang dibacakan oleh Yudhi Hernawan, S.Sos., M.Si disampaikan bahwa tanpa disadari atau tidak kita telah berinteraksi dan hidup didalam dunia siber yang tidak ada batasan ruang dan waktu. Dunia siber sama halnya dengan dunia nyata yang didalamnya juga diwarnai aksi kejahatan siber (cybercrime)yang dampaknya jauh lebih besar dengan kejahatan konvensional. Hal ini karena spektrum dampak yang diakibatkan jauh lebih luas dari mengganggu kehidupan pribadi hingga mengganggu stabilitas Nasional. Saat ini ancaman siber menjadi isu utama diberbagai belahan negara. Hal ini dikarenakan meningkatnya konektivitas, interaksi dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi. Dalam menghadapi ancaman tersebut BSSN hadir sebagai wujud tanggungg jawab pemerintah untuk mengamankan siber dan persandian dalam rangka mewujudkan keamanan Nasional. Dalam upaya membangun budaya keamanan siber, salah satu langkah kongkrit yang dilakukan oleh BSSN adalah dengan melakukan literasi dan edukasi budaya keamanan siber dalam rangka menciptakan kesadaran keamanan siber kepada masyarakat.

Kegiatan kunjungan mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama diisi dengan paparan dan diskusi oleh narasumber. Dalam paparannya narasumber menyampaikan visi, misi, tugas dan fungsi BSSN serta ancaman siber dalam bentuk malware, Denial of Service (DoS), Phising dan SQL Injection yang dapat menyerang kapanpun, serta layanan aduan siber BSSN. Pada sesi diskusi mahasiswa ingin mengetahi lebih lanjut tentang peran BSSN dalam mengamankan informasi dan penanganan berita hoax yang akhir-akhir ini semakin beredar luas dimedia sosial.  (fth/rmb)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Pemanfaatan Sertifikat Elektronik BSSN oleh Pemerintah Daerah

Jakarta (21/2) – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Kota Bogor melaksanakan Penandatanganan Kerjasama Teknis (PKS) dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik yang dilaksanakan di Auditorium...

Share This