Depok, BSSN.go.id – Sebanyak 22 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) dilantik dan diambil sumpah oleh Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Maria Widyaningsih. Pejabat Fungsional Tertentu yang terdiri dari pejabat Analis Kepegawaian, Pranata Hubungan Masyarakat, Widyaiswara, Arsiparis, Analis Kebijakan, Pranata Komputer, Perawat, Dokter dan Dosen.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji itu dilaksanakan secara hybrid (offline/online) di Kantor BSSN RI, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (29/4/2021).

Mewakili Sekretaris Utama BSSN RI, Maria mengatakan bahwa jabatan fungsional merupakan kedudukan yang menunjukan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seseorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu.

“Dengan kata lain, PNS memantapkan diri untuk berkarir di jabatan fungsional telah siap untuk menjadi PNS yang profesional di bidangnya masing-masing,” kata Maria.

Lebih lanjut dituturkannya, jabatan fungsional pada hakikatnya memiliki peran sentral dalam menentukan kinerja organisasi, sehingga keberadaan jabatan fungsional dibutuhkan di setiap bagian atau fungsi organisasi.

“Untuk itu, kontribusi jabatan fungsional melalui profesionalisme tentunya perlu diwujudkan. Dengan target kinerja yang lebih terukur, maka Sumber Daya Manusia (SDM) jabatan fungsional harus lebih proaktif dan inovatif dalam bekerja,” ujarnya.

Maria juga menekankan, meski bekerja secara mandiri dan lincah, pejabat fungsional harus memiliki kompetensi kolaboratif dengan jabatan lain. Dengan hal itu, diharapkan seluruh sendi keamanan siber dan persandian dapat berjalan secara dinamis dan produktif.

Masih dalam sambutannya, ia berpesan, momentum pelantikan ini bukan hanya sekadar acara seremonial, namun mengandung makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanah yang telah dipercayakan oleh negara dan institusi kepada pejabat fungsional yang dilantik.

Menurutnya, momentum ini juga sebagai wujud komitmen pejabat fungsional untuk taat dan setiap kepada Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta pemerintah. Sehingga harapannya, atas kepercayaan yang telah diberikan ini dapat dipertanggungjawabkan, baik dari aspek administratif maupun aspek moral.

“Saya ucapkan selamat bertugas dan selamat menjalankan amanah. Jagalah dan jalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab, integritas, serta komitmen yang tinggi,” pesan Maria menutup sambutannya. (Ty/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Minimalisir Ancaman Siber BSSN Resmikan SumselProv-CSIRT

Palembang, BSSN.go.id - Menghadapi serangan yang berada di ruang siber, negara hadir melalui BSSN yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan keamanan siber di Indonesia. BSSN terus berupaya memperbaiki kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsi di bidang keamanan...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...