Depok, BSSN.go.id – Laporan Kinerja BSSN merupakan perwujudan pertanggungjawaban atas kinerja pencapaian sasaran strategis BSSN di Tahun 2020 yang merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Strategis BSSN Tahun 2020 –2024. Penyusunan Laporan Kinerja BSSN mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Peraturan Menteri Pendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, dan Rencana Strategis BSSN Tahun 2020 –2024.

Pada tahun 2020 ini, Dunia termasuk Indonesia mengalami Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020 bahwa Pemerintah memfokuskan program dan anggaran tahun 2020 untuk percepatan penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebagai dampaknya adalah adanya refocusing Anggaran seluruh Instansi Pemerintah, termasuk BSSN yaitu mengalami pengurangan sebesar 51% dari pagu anggaran yang ditetapkan di tahun 2020. Meskipun demikian, BSSN tetap berupaya secara maksimal melaksanakan tugas dan fungsinya termasuk mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19,untuk itu BSSN melakukan penyesuaian-penyesuaian metode kegiatan dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru, serta memperhatikan efektifitas dan efisiensi atas pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Laporan Kinerja ini merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi BSSN atas penggunaan anggaran di tahun 2020, yang bertujuan memberikan informasi kinerja yang terukur dan memadai bagi pemangku kepentingan. Substansi laporan merupakan indikator keberhasilan pencapaian sasaran strategis sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja BSSN Tahun 2020.

Secara umum capaian kinerja sasaran telah sesuai dengan rencana yang ditetapkan, meskipun beberapa indikator, dalam pencapaiannya masih perlu penyempurnaan dalam hal metode pelaksanaan dan ketersediaan data dari seluruh stakeholder terkait pelaksanaan Keamanan Siber dan Sandi di Indonesia, baik Sektor Pemerintah, sektor Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional, dan Sektor Ekonomi Digital. Berdasarkan analisis dan evaluasi pencapaian kinerja sasaran yang dilakukan melalui Laporan Kinerja BSSN Tahun 2020 ini, diharapkan dapat menjadi alat pemacu peningkatan kinerja setiap unit organisasi terkait peningkatan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kinerja seluruh jajaran pejabat dan pelaksana di lingkungan BSSN untuk tahun-tahun selanjutnya, sehingga tercipta perbaikan berkesinambungan ke arah yang lebih baik dan mendukung kinerja BSSN dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Government.

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN