Jakarta (8/5). Pasca-pemberlakuan Work From Home (WFH) sebagai salah satu protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan instansi pemerintah, karyawan dan karyawati Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tetap produktif memenuhi target kinerja dengan melaksanakan tugas kedinasan di rumah. Beberapa kebijakan dan peraturan pendukung kinerja Work From Home sudah diterbitkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas diantaranya mengatur tentang presensi, rencana target dan laporan kegiatan/capaian kerja serta tata administrasi dan penggunaan instrumen kerja pendukung pekerjaan dari jarak jauh diantaranya penggunaan Tanda Tangan Elektronik, Surat Elektronik, Layanan Penyimpanan Cloud, Virtual Private Network dan Video Conference. Diterbitkan pula kebijakan mekanisme sementara penerimaan berkas pencairan anggaran dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan BSSN. Tersedianya berbagai instrumen aturan dan dukungan teknis tersebut membuat pelaksanaan tugas BSSN dapat terus dilakukan dengan baik.

Secara keseluruhan BSSN memiliki 11 layanan publik, rerata jumlah permohonan layanan setiap bulan pada tahun 2019 mencapai 3016. Sebelum pandemi Covid-19, permohonan layanan diterima secara pertemuan langsung, surat elektronik maupun menggunakan aplikasi sistem informasi. Namun demikian berdasarkan data paruh awal tahun 2020, jumlah penerimaan layanan mengalami penurunan signifikan khususnya pada pelayanan yang memerlukan interaksi secara langsung.

Walaupun beberapa layanan seperti layanan asistensi onsite keamanan siber dan layanan Museum Sandi mengalami kendala namum berbagai layanan yang lain dapat terlaksanan dengan baik menggunakan terobosan layanan online menggunaan Tanda Tangan Elektronik untuk administrasi perjanjian antar instansi, konsultasi via video conference, remote assessment via aplikasi survey dan remote instalation/implementation and maintenance.

Salah satu contoh kegiatan dinas di lingkungan BSSN yang dilakukan menyesuaikan dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 adalah rapat koordinasi virtual pelaksanaan layanan publik BSSN yang diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2020. Rapat yang melibatkan perwakilan dari seluruh unit kerja ini diselenggarakan dalam rangka melakukan koordinasi terkait pengembangan layanan publik BSSN dan kaitannya dengan reformasi birokrasi (RB) di lingkungan BSSN.

Rapat virtual yang dipimpin oleh Kepala Biro Hukum dan Humas dan dihadiri oleh Koordinator Tim RB Level Pusat Area Pelayanan Publik BSSN dan perwakilan Tim RB level unit kerja tersebut digelar untuk merumuskan dan mengonsolidasikan berbagai langkah yang perlu dilakukan oleh unit kerja untuk memperlengkapi lembar kerja evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2020.

Dalam kesempatan yang berbeda Biro Hukum dan Humas juga menggelar rapat virtual untuk mengkoordinasikan pelayanan publik kepada stakeholder BSSN dalam melakukan konsultasi dengan unit-unit layanan BSSN untuk menjamin tetap terpenuhinya kebutuhan pengguna layanan BSSN. Beberapa kegiatan tersebut merupakan sebagian kecil gambaran kegiatan BSSN yang tetap produktif dalam melaksanakan tugas pokok dan kewenangan ditengah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kebijakan WFH.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan masyarakat - BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan