Jakarta (8/7). Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 53 dan 133 tahun 2017, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bertanggung jawab atas keamanan siber secara nasional. Porsi tanggung jawab BSSN adalah bagaimana melindungi sistem elektronik dan infrastruktur komunikasi yang ada di Indonesia. Beberapa hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara BSSN Anton Setiawan ketika menjadi narasumber pada Program Dialog Indonesia Bicara TVRI bertema “Peretas Digital di Sekitar Kita” pada hari Rabu malam (8/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut Anton juga menyatakan maraknya kasus peretasan situs atau sistem informasi pemerintah harus menjadi alert dan wahana introspeksi bagi kita untuk memperbaiki tata kelola keamanan informasi atau keamanan siber yang ada khususnya di lingkup instansi pemerintah.

“Tantangan yang dihadapi Indonesia adalah menerapkan tata kelola dan menyediakan serta mengatur SDM keamanan informasi atau keamanan siber untuk mendukung tata kelola tersebut agar bisa berjalan dengan baik,” ujar Anton.

“Teknologi dan sistem informasi terus berkembang, begitu juga dengan kerentanan baru yang terus muncul. Banyaknya instansi pemerintah dan banyaknya sistem elektronik khususnya di sektor pemerintah menjadi perhatian penuh BSSN. Secara umum skala penilaian tata kelola keamanan informasi di sektor pemerintah masih rendah dan perlu ditingkatkan,” pungkas Anton.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Pusat Studi Politik & Keamanan Unpad Muradi, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono dan Anggota Komisi 1 DPR-RI Dave Af Laksono sebagai narasumber. Ikuti diskusi lengkapnya disini.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...