Depok (22/7). Direktur Deteksi Ancaman Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Dr. Sulistyo menyebut malware membutuhkan perhatian khusus, karena menurutnya sebagian besar sumber ancaman di ruang siber dinilai berasal dari malware.

Malware dipilih oleh penjahat siber karena kemampuannya mencuri informasi,” tutur Sulistyo saat memaparkan materi tentang Pusat Malware Nasional dalam webinar ‘Exposing Honeynet Threat Sharing Platform’ yang digelar Swiss German University dan Indonesia Honeynet Project, Rabu (22/07/2020).

“Deteksi dini dan pengumpulan informasi serangan siber dengan memanfaatkan perangkat “honeypot” yang merupakan hasil kerja sama BSSN dengan Indonesia Honeynet Project ini merupakan langkah yang sangat penting,” ungkap Sulistyo.

Honeypot merupakan sebuah sistem replika yang dirancang untuk memikat penyerang. Sistem ini dibuat dengan fungsi untuk memberikan interaksi yang sama dengan sistem asli sehingga penyerang tidak menyadari identitas dan teknik serangan yang dilakukan direkam oleh Honeypot sehingga informasi tersebut dapat ditabulasi menjadi sumber informasi penting dalam mempelajari jenis, pola dan teknik serangan siber.

Honeypot ini dibuat sebagai jebakan untuk menarik malware, untuk bisa melihat serangan-serangan yang masuk. Saya juga berharap kita bisa secara bersama-sama mengumpulkan sebanyak mungkin malwaresamples yang ada di Indonesia. Tentunya BSSN tidak bisa sendirian, dibutuhkan kolaborasi antara BSSN dengan para stakeholder,” tutup Sulistyo.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...