Jakarta, BSSN.go.id – Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Seminar Kehidupan Sosial yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Anging Mammiri Jakarta Indonesia (PAMJI) di Grand Hwa Yen, Jakarta, Minggu (17/11/2019).

Dalam kegiatan bertema ‘Bersahabat dan Bijak Dalam Media Sosial’ itu, Dharma menyampaikan saat ini kita sedang digiring lewat globalisasi. Globalisasi telah menjadikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai alat untuk mempercepat dan menyukseskan program skema rekayasa kehidupan.

 

 “Hal ini menyebabkan manusia perlahan mengarah menjadi teknologi itu sendiri, yang dimana teknologi masuk ke dalam jati diri kita, melekat, dan mengubah jati diri kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan,” ujar Dharma.

Selanjutnya, ia mengatakan, melalui teknologi informasi dan komunikasi diciptakan dan dipropagandakan suatu skema rekayasa ketakutan (fear engineering) secara masal yang menargetkan pada rekayasa konflik (conflict engineering) dengan salah satunya menciptakan informasi hoaks, kemudian rekayasa serangan (attack engineering) melalui serangan siber untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi, dan yang terakhir rekayasa kecerdasan (intelligence engineering) yang membuat sisi kemanusiaan digantikan dengan kecerdasan teknologi.

“Jadi bukan sekedar bijak, dalam bermedsos juga sebaiknya gunakan kata-kata yang santun, dan jangan lawan kejahatan dengan kejahatan,” pesan Dharma.

Kemudian, pada akhir kegiatan tersebut dilakukan pertukaran cinderamata yang diwakili pengurus PAMJI, sedangkan selain plakat Dharma juga memberikan buku karyanya, disaksikan seluruh pengurus dan anggota PAMJI yang hadir hari ini. (RM-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Share This