Depok, BSSN.go.id – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Siber dan Sandi Negara melaksanakan upacara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Sandiman Angkatan Ke-133 di Ruang Serba Guna Gedung B Pusdiklat BSSN Bojongsari Depok Jawa Barat, pada Rabu 2 Oktober yang lalu.

Acara di buka oleh Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN Mayjend TNI (Mar) Dr. Suharyanto, S.E., M.M. dan dihadiri oleh pejabat BSSN serta pejabat dari Pusdatin Kemendagri, Pusdatin Kementerian Pertahanan dan dari BAIS TNI.

Dalam sambutannya, Marinir Bintang Dua ini menyampaikan untuk mewujudkan SDM Keamanan Siber dan Sandi yang tepercaya, profesional, dan berdaya saing, Badan Siber dan Sandi Negara selalu berupaya melakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi SDM Keamanan Siber dan Sandi, salah satunya melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan, sebagaimana Diklat Sandiman yang akan diselenggarakan ini. Melalui program Diklat Sandiman, diharapkan terbentuk postur SDM Keamanan Siber dan Sandi yang terstruktur, dengan output profil SDM yang profesional dan mampu beradaptasi dengan teknologi serta memiliki kompetensi dalam bidang keamanan siber dan sandi.

Deputi IV BSSN juga menyampaikan kepada para peserta diklat untuk selalu tekun dan mengikuti semua materi yang diberikan oleh penyelenggara. “Saya ucapkan selamat belajar dan pergunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Segeralah beradaptasi terhadap lingkungan serta mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku di Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara.” Ujar Deputi IV BSSN. Peserta diklat Sandiman Angkatan Ke-133 BSSN ini diikuti oleh peserta dari sipil dan militer hingga harus bias beradaptasi satu dengan yang lainnya.

Pendidikan Sandiman adalah diklat yang bertujuan  untuk menghasilkan Pejabat Fungsional Sandiman yang mempunyai kompetensi  sesuai dengan standar kompetensi kerja Jabatan Fungsional Sandiman. Lulusan Diklat Sandiman diharapkan mengetahui manajemen resiko keamanan informasi, memahami identifikasi kebutuhan dan gangguan keamanan informasi serta mampu menerapkan administrasi Jabatan Fungsional Sandiman dan penyusunan  Daftar Usulan  Penilaian Angka Kredit (DUPAK). Selain itu lulusan diklat ini mampu menjadi administrator bidang sandi dan siber di instansinya masing-masing. (YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

BSSN Raih Maturitas Level III Penerapan SPIP

Jakarta, BSSN.go.id - Setelah melewati sejumlah penilaian dari tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia berhasil mendapatkan capaian maturitas level III dalam penerapan Sistem...

FGD Uji Publik Voluntary Vulnerability Disclosure Program (VVDP)

Jakarta, BSSN.go.id - Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 memiliki empat pilar fungsional yaitu big data, internet of things, internet of service, dan cyber security. Empat pilat tersebutt saling berkaitan satu sama lain begitu...

Share This