Jakarta, BSSN.go.id – Bertempat di Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center Jakarta, hari Senin (16/12) dilaksanakan acara Penyerahan Hasil Asesmen Indeks Keamanan Informasi Sektor Ekonomi Digital tahun 2019. Acara diawali dengan pembacaan laporan kegiatan hasil Asesmen Indeks KAMI oleh Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Ekonomi Digital, Nunil Pantjawati, B.sc., M.E.. Dilanjutkan sambutan oleh Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi, Irjen (Pol) Drs. Aries Wahyu Sutikno. Dalam sambutannya Aries menampaikan ucapan selamat kepada Penyelenggara Sistem Elektronik yang memperoleh Sertifikat dan Piagam Indeks KAMI.

Aries mengatakan, untuk mewujudkan Visi dan Misi nya dalam hal ini sektor Ekonomi Digital, BSSN memiliki arah kebijakan Keamanan Siber sektor Ekonomi Digital yaitu mendorong pembangunan ekosistem ekonomi digital dalam rangka Terwujudnya Public Private Partnership dan Mendukung Home Grown Cybersecurity Industry.

Indeks KAMI merupakan alat bantu evaluasi untuk menganalisis tingkat kesiapan penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi di instansi/institusi/perusahaan. Kegiatan Penyerahan Hasil Asesmen Indeks KAMI yang merupakan hasil dari proses Desktop Asesmen maupun Onsite Asesmen terhadap penilaian mandiri (self assessment) Indeks KAMI. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan penguasaan sumber daya akan pentingnya manajemen keamanan informasi dalam menjaga kelancaran dan keberlangsungan layanan publik, serta memetakan profil risiko pada sektor ekonomi digital secara umum.

Penerima sertifikat Indeks KAMI dan Piagam Penghargaan Indeks KAMI tahun 2019, antara lain perusahaan yang bergerak di bidang Fintech Peer to Peer Landing, Fintech Payment, Reksa Dana, Edukasi – Multimedia, e-Commerce, Real Estate, ICT Solution, Platform Donasi, Health Tech, dan BUMN.

Berdasarkan penilaian terhadap 24 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), diperoleh hasil bahwa rata-rata nilai yang paling tinggi yaitu pada area Pengelolaan Aset, sedangkan rata-rata nilai yang paling rendah/kecil yaitu pada area Manajemen Resiko.  PSE yang telah melaksanakan penilaian Indeks KAMI, tentunya telah mendapatkan Laporan Hasil Penilaian Indeks KAMI dan Surat Keterangan Indeks KAMI. PSE dengan nilai Indeks KAMI mencapai minimal cukup, mendapatkan Sertifikat Indeks KAMI, sedangkan bagi PSE yang hasil Penilaian Indeks KAMI mencapai kriteria Pemenuhan Kerangka Kerja Dasar akan mendapatkan Piagam Penghargaan Indeks KAMI.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan dapat memberi pencerahan, mendorong dan menambah kesadaran akan pentingnya keamanan siber bagi para pelaku ekonomi digital dalam melindungi data, transaksi elektronik dan sistem elektronik yang dikelola. Semoga hasil dari kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi di perusahaan yang bergerak di sektor ekonomi digital ini. -dk & iw-

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This