Jakarta (24/7). Ekonomi Digital Indonesia berkembang pesat dalam lima tahun terakhir, pemerintah berupaya membuat regulasi industri-berbasis internet dan membuat Peta Jalan E-Commerce Nasional, salah satunya adalah peraturan yang pelaksanaannya digawangi oleh Kementerian Perdagangan yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang efektif diberlakukan mulai 25 November 2019.

Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan menjadi salah satu panelis dalam webinar yang diselenggarakan oleh Center for Indonesia Policy Studies. Kegiatan webinar pada Jumat 24 Juli 2020 yang dilakukan dari ruang kerja masing-masing tersebut bertema “Keamanan Data di Komputasi Awan: Perubahan Paradigma dalam Keamanan Siber.”

Dalam paparannya Anton Setiyawan menyampaikan “Ada sejumlah inisiatif yang kemudian menjadi Rencana Program Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 dan 2024, misalnya pengembangan sistem deteksi dini nasional, pembentukan pusat operasi keamanan siber dan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk bisa menghadapi insiden siber.”

“BSSN bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan kemanan siber menyusun Peta Okupasi Nasional dan menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Keamanan Siber. Kedua hal tersebut merupakan strategi pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rangka membangun dan mengembangkan kapasitas lebih banyak lagi manusia Indonesia di bidang keamanan siber,” Lanjut Anton.

Pada akhir acara Anton menyampaikan “Keamanan siber melibatkan begitu banyak pihak dengan berbagai macam kepentingan. Tugas melindungi ranah siber hanya akan berhasil melalui kolaborasi berbagai pihak, baik dari industri, akademisi, swasta dan juga BSSN, sesuai dengan mandat Presiden. Demi mewujudkan keamanan siber di Indonesia.”

Dalam kegiatan tersebut, Penasihat Kementerian Komunikasi dan Informatika Tony Seno Hartono dan perwakilan Google Yam Ki Chan turut menjadi narasumber.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...