Dalam rangka melaksanakan amanat Pasal 20 ayat (4) Peraturan Pemerintah No 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) dan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara dalam Pasal 56 disebutkan pelaksanaan seluruh tugas dan fungsi di bidang keamanan informasi, pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet, dan keamanan jaringan dan infrastruktur telekomunikasi pada Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menjadi kewenangan Badan Siber dan Sandi Negara, BSSN telah merampungkan penyusunan Rancangan Peraturan BSSN tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI).

 

Rancangan Peraturan BSSN tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi terdiri atas 13 Bab dan 30 Pasal dengan rincian sebagai berikut:

Bab I 

Ketentuan Umum

Bab II

Kategorisasi Sistem Elektronik

Bab III

Standar Sistem Manajemen Pengamanan Informasi

Bab IV

Persiapan Penerapan StandarSistem Manajemen Pengamanan Informasi

Bab V

Penyelenggaraan

Bab VI

Lembaga Sertifikasi

Bab VII 

Penerbitan Sertifikat, Pelaporan Hasil Sertifikasi, dan Pencabutan Sertifikat

Bab VIII 

Biaya

Bab IX

Pembinaan

Bab X 

Pengawasan

Bab XI 

Sanksi

Bab XII 

Ketentuan Peralihan

Bab XIII 

Ketentuan Penutup

 

Rancangan Peraturan BSSN (RPB) ini juga dilengkapi dengan lima lampiran yaitu sebagai berikut:

  1. Formulir Pernyataan Kategori Sistem Elektronik
  2. Contoh Permohonan Pengakuan sebagai Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan Informasi
  3. Surat Pernyataan Lembaga Sertifikasi
  4. Contoh Sertifikat Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan Informasi
  5. Contoh Laporan

 

Guna penyempurnaan RPB dimaksud, BSSN mempersilakan masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukkannya terhadap Rancangan Peraturan BSSN tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi kepada Staf Direktorat Proteksi IIKN, email:  proteksi.iikn3@bssn.go.id  dan selambat-lambatnya  sampai dengan 16 Mei 2019.

 

Biro Hüküm dan Humas

Badan Siber dan Sandi Negara

Kepala BSSN Melantik dan Mengambil Sumpah Wakil Kepala

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian mengambil sumpah Irjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H. sebagai Wakil Kepala BSSN di Auditorium Roebiono Kertopati BSSN Jakarta hari ini 17 juli 2019. Dharma Pongrekun mengisi...

Cyber Security Drill Test BSSN Menginjeksi Sektor Energi

Jakarta (17/7) - Cyber Security Drill Test kembali dilaksanakan, dan memasuki hari kedua dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta dari Sektor Energi untuk diberikan pelatihan dalam menangani insiden siber mulai dari preparation, identification, containment,...

Share This