Jakarta (6/5). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terus berupaya memberikan layanan keamanan siber, khususnya pada keamanan data dan informasi yang merupakan aset bernilai tinggi. Keamanan siber merupakan sebuah proses yang melibatkan, orang (people), proses (process) dan teknologi (technology). Kondisi ketiga aspek harus selalu seimbang. Selain teknologi, aspek sumber daya manusia juga harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini dan di masa mendatang.

Peran nyata BSSN diantaranya diwujudkan melalui program-program yang dapat mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia, seperti Literasi Keamanan Siber untuk para pelaku start-up e-commerce, workshop secure coding bagi pengembang start-up digital, seminar dan edukasi ke masyarakat tentang kesadaran keamanan data pribadi, dan banyak program lain ke depannya.

“Generasi milenial harus pandai dan jeli dalam memanfaatkan teknologi dan menangkap peluang usaha baru untuk menjawab kebutuhan dan gaya hidup yang semakin menantang dan dinamis”, Ujar Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak saat memberikan sambutan di Pesantren Digital yang diselenggarakan Sobat Cyber Indonesia melalui aplikasi Lite pada tanggal 6 Mei 2020.

Indonesia Millennial Report 2019 yang dipublikasikan oleh IDN Research Institute mencatat bahwa 94% generasi milenial terkoneksi dengan internet. Hal ini menunjukkan bahwa generasi milenial memiliki potensi yang sangat besar dalam menjembatani digital divide atau kesenjangan digital yang menjadi salah satu tantangan terbesar di era digital.

Generasi milenial memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi digital. Ekonomi digital Indonesia akan menjadi yang terbesar di ASEAN pada tahun 2025 dengan nilai pasar mencapai US$ 100 juta miliar dan 3,7 juta lapangan pekerjaan baru akan terbuka pada tahun yang sama. Hingga awal 2020, jumlah start-up di Indonesia mencapai lebih dari 3.000 perusahaan dengan pertumbuhan tertinggi di tiga sektor, yaitu on- demand services, financial technology (fintech), dan e-commerce.

Syahrul menambahkan bahwa keamanan siber suatu hal yang perlu menjadi perhatian agar proses bisnis yang berjalan dalam dunia siber dapat berjalan dengan aman, sehingga dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan, apalagi sampai menghentikan proses bisnis yang ada. Strategi Keamanan Siber Nasional ciri khas Indonesia tidak terlepas dari prinsip dan asas Kedaulatan, Kemandirian, Keamanan, Kebersamaan dan yang bersifat Adaptif. Pemerintah menempatkan representatif negara dengan memberikan ruang manajemen strategi siber sebagai framework tata kelola siber secara bersama dengan akademisi, industri dan komunitas untuk mewujudkan perlindungan kepada masyarakat, seperti halnya ketika bertransaksi secara online. “BSSN hingga kini selalu berupaya untuk memberikan jaminan keamanan siber nasional, khususnya pada keamanan data dan informasi yang merupakan sebuah aset bernilai tinggi”, tegasnya.

Pesantren Digital 2020 ini yang di gagas oleh Sobat Cyber Indonesia bersama Mastel Academy ini sudah hari ke tiga semenjak 4 mei 2020 dan berakhir tanggal 8 mei 2020. Syahrul Mubarak mewakili Kepala BSSN memberikan paparan tentang milenial di era dunia digital serta menjelaskan program BSSN kepada peserta Pesantren Digital. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi peserta Pesantren Digital meliputi Digital Enterpreneurship, Digital Marketing dan Digital Content yang sesuai dengan kebutuhan industry. Kegiatan ini di isi oleh narasumber dan mentor yang berkopenten dan expert di bidangnya.

Di akhir paparannya, Syahrul mengajak generasi milenial, i-generation, untuk terus meningkatkan kompetensi, wawasan dan kemampuan agar dapat memanfaatkan peluang di pasar ekonomi digital. “Generasi milenial saat ini harus terus optimistis dan percaya diri agar mampu bersaing dengan bangsa lain”, tegasnya.  Pertumbuhan ekonomi saat ini membutuhkan peran kaum milenial.  Oleh karena itu, kaum muda harus memiliki rasa peduli dan rasa memiliki terhadap bangsa. Tidak mudah menyerah dan harus memiliki keinginan kuat untuk terus mencoba hal baru.

Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian masyarakat pada hal-hal penting yang berhubungan dengan keamanan siber serta aspek-aspek dasar keamanan siber sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan informasi akan meningkat. Generasi milenial merupakan generasi yang lahir dan tumbuh di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat - BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan