.

POLTEK SSN

.

Politeknik Siber dan Sandi Negara atau yang kemudian disingkat sebagai Poltek SSN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sejarah

Paska didirikannya Bagian Code sebagai Institusi Persandian di Kementerian Pertahanan pada tahun 1946, dimulailah Pendidikan Sandi dengan sistem magang pada tahun 1947. Saat organisasi persandian ditingkatkan statusnya menjadi lembaga tersendiri yang bernama Djawatan sandi pada tahun 1950, sistem pendidikan sandi ditingkatkan menjadi Pendidikan Sandiman dan Juru Sandi.

Kebutuhan analisis kriptografi menuntut didirikannya Pendidikan Ahli Sandi –Brevet A dan Brevet B meskipun demikian Pendidikan Sandiman dan Juru Sandi tetap ada dengan nama Diklat Sandiman -Ahli Sandi Tingkat II dan Juru Sandi –Ahli Sandi Tingkat I.

Pada akhir tahun 1969 dibuka pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru yang menggunakan kurikulum gabungan Pendidikan Ahli Sandi Brevet A dan Pendidikan Sandiman. Pada tahun 1973 pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru tersebut dinyatakan sebagai Akademi Sandi Negara (AKSARA) yang kemudian dikukuhkan dengan Surat Keputusan Ketua Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Nomor 078.II.4.74 tahun 1974 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0135/U/1975 tentang pengesahan Akademi Sandi Negara.

Melalui proses penilaian dan peninjauan mengenai kelayakan sistem pendidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, maka berdasarkan surat Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Nomor 19/MPN/02 tahun 2002 Mendiknas menilai (D-III) AKSARA ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang merupakan jenjang pendidikan setingkat D-IV. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 tahun 2003 menetapkan tentang Pendirian STSN. Keputusan Presiden RI ini menetapkan pula bahwa AKSARA diintegrasikan ke dalam Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Melalui Surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 03/M/I/2018, persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/1007/M.KT.01/2019 dan Peraturan BSSN Nomor 12 tahun 2019 dilakukan perubahan kelembagaan STSN menjadi Poltek SSN.

Visi

Menjadi Politeknik berkelas dunia yang menghasilkan SDM siber dan sandi yang unggul dan berjiwa Pancasila

Misi

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran berkualitas tinggi dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam rangka pengembangan dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi
  4. Menyiapkan dan membentuk SDM siber dan sandi yang bermental tangguh dan bermoral tinggi.

Struktur Organisasi

Poltek SSN dipimpin oleh Direktur yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala BSSN. Pembinaan Poltek SSN secara teknis akademik dilaksanakan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi, dan secara teknis fungsional dilaksanakan oleh Kepala BSSN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Susunan organisasi Poltek SSN terdiri atas Direktur dan Wakil Direktur, Senat, Dewan Penyantun, Satuan Pengawas Internal, Bagian, Jurusan, Pusat, Unit Penunjang, dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Poltek SSN memiliki tiga Program Studi Diploma IV dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam delapan semester selama empat tahun.

1. Program Studi Rekayasa Keamanan Siber

2. Program Studi Rekayasa Kriptografi

3. Program Studi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi

Email: humas@poltekssn.ac.id

Telepon: (0251) 8541742 / 8541754

Informasi lengkap mengenai Poltek SSN dapat diakses melalui laman rsmi Poltek SSN dengan mengklik tartan di basah ini.

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN