.

PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BSSN

SEJARAH

1972 – Cikal bakal Pusdiklat adalah Biro B (Pendidikan) pada saat Lembaga Sandi Negara masih bernama Djawatan Sandi, Selanjutnya Biro B berubah menjadi Biro A ( Pendidikan) sebagaimana diatur pada Keppres Nomor 7 Tahun 1972.

1998 – Pusdiklat Lemsaneg berlokasi di Jalan Haji Usa Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.

2007 – Pusdiklat Lemsaneg masuk kedalam struktur organisasi dan tata kerja Lemsaneg yang beberapa kali diubah sampai terakhir menjadi Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor OT.001/PERKA.122/2007.

2012 – Pusdiklat Lemsaneg ditetapkan sebagai Lembaga Terakreditasi dengan Keputusan dari Lembaga Administrasi Negara Nomor 2808/K.1/PDP.10.4/2012.

2017 – Pusdiklat berlokasi di Jl. Raya H. Mochtar, Desa Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Pusdiklat telah melaksanakan kegiatan re-akreditasi dan ditetapkan sebagai Lembaga Terakreditasi oleh LAN dengan peringkat B untuk penyelenggaraan Diklat Prajabatan dan Terakreditasi untuk penyelenggaraan Diklat Teknis dan Fungsional. Pusdiklat Lemsaneg bertransformasi menjadi Pusdiklat BSSN sebagaimana amanah Perpres nomor 53 tahun 2017 tentang BSSN

VISI

Terwujudnya Sumber Daya Manusia Persandian yang Profesional untuk Kepentingan Pembangunan Nasional

MISI

  1. Merumuskan kebijakan dan strategi pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan teknologi persandian.
  2. Menyusun rencana program diklat dan Mengembangkan jejaring kerjasama dengan pemangku kepentingan lembaga diklat lain.
  3. Menyelenggarakan program diklat persandian sesuai dengan standar kompetensi yang dibutuhkan.
  4. Menetapkan, mengevaluasi dan memperbaharui standar diklat sesuai dengan kebutuhan.
  5. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  6. Melaksanakan tata kelola dan akuntabilitas terhadap kinerja pendidikan dan pelatihan

TUGAS

Melaksanakan pembinaan, bimbingan dan pengembangan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di lingkungan BSSN.

FUNGSI

  1. Pengkoordinasian pendidikan dan pelatihan pegawai berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh instansi yang bertanggungjawab di bidang pendidikan dan pelatihan.
  2. Pelaksanaan diklat prajabatan golongan I, II, dan III.
  3. Pelaksanaan diklat kepemimpinan, fungsional, dan teknis.
  4. Koordinasi penyusunan modul, bahan, metode diklat, serta penjabaran kurikulum non teknis sandi.
  5. Pelaksanaan koordinasi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan diklat prajabatan dan dalam jabatan dalam rangka penguatan tugas pokok BSSN.
  6. Pelaksanaan kerjasama diklat dengan berbagai instansi pemerintah, PT serta institusi lain penyelenggara diklat.

STRUKTUR ORGANISASI

Pusdiklat BSSN dipimpin oleh Kapusdiklat setingkat Eselon II dibantu dengan Tiga Kepala Bidang, Satu Kepala Bagian Umum dan dua Kepala SubBagian, serta staf dan Kelompok Jabatan Fungsional tertentu dengan dibantu oleh pegawai outsourcing.

Alamat: Jalan Raya Mochtar 70, Depok, Jawa Barat

Telepon: 0251 8618976

Faksimile: 0251 8617580

Email: pusdiklat@bssn.go.id

Informasi lengkap mengenai jadwal dan program pelatihan dapat diakses melalui website Pusdiklat BSSN dengan mengklik tautan berikut.

Minimalisir Ancaman Siber BSSN Resmikan SumselProv-CSIRT

Palembang, BSSN.go.id - Menghadapi serangan yang berada di ruang siber, negara hadir melalui BSSN yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan keamanan siber di Indonesia. BSSN terus berupaya memperbaiki kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsi di bidang keamanan...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...

Biro Hukun dan Hubungan Masyarakat – BSSN