Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah satu unsur penting dalam sistem akuntabilitas kinerja, yaitu sebagai instrumen awal untuk mengukur kinerja setiap instansi pemerintah baik terkait pencapaian visi, misi, tujuan maupun sasaran yang telah ditetapkan organisasi.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara. Dengan demikian, Renstra BSSN yang ditetapkan untuk kurun waktu 2018-2019 disusun untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode tahun 2015-2019. Renstra tersebut merupakan suatu proses partisipatif, sistematis dan berkelanjutan untuk memusatkan dan mengarahkan semua kegiatan dalam rangka pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Renstra BSSN juga merupakan konsep yang mengintegrasikan dan mensinergikan antara kapasitas sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk menjawab tantangan dan tuntunan perkembangan lingkungan strategis nasional dan global dalam lingkup keamanan nasional.

Untuk menjamin keberhasilan pencapaian Visi BSSN yaitu “Menjadi institusi tepercaya dalam menjaga ketahanan dan keamanan siber dan sandi nasional dengan menyinergikan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan keamanan nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital”, perlu dilakukan evaluasi setiap tahunnya. Mengingat pentingnya keberhasilan pencapaian visi BSSN, maka semua unsur pimpinan dan semua unit kerja dan seluruh staf BSSN harus senantiasa berorientasi pada peningkatan kinerja (better performance) dan melaksanakan seluruh program kegiatan secara akuntabel. BSSN juga akan selalu memperhatikan stakeholdernya baik internal maupun eksternal dan selalu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan strategis, sehingga jika diperlukan, maka muatan Renstra termasuk indikator-indikator kinerjanya dapat dilakukan beberapa perubahan/revisi.

Besar harapan dengan telah disusunnya Renstra BSSN Tahun 2018-2019, diharapkan penyusunan rencana kinerja, penyusunan rencana kerja dan anggaran, penyusunan penetapan kinerja, pelaksanaan tugas, pengendalian kegiatan dan pelaporan di lingkungan BSSN serta Penyusunan Laporan Kinerja (LKj) BSSN dapat dilakukan dengan lebih efektif , efisien dan akuntabel.

Share This