BSSN menyelenggarakan Roadshow dalam bentuk seminar dan talkshow interaktif bertemakan cybersecurity startup pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 di Universitas Brawijaya Malang. Roadshow Cybersecurity Startup Malang ini merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian Roadshow Cybersecurity Startup yang rencananya akan diselenggarakan di beberapa kota yaitu Malang, Palembang, Bandung dan Yogyakarta. Kegiatan roadshow tersebut merupakan tahap ignition sebagai langkah awal dalam upaya pembentukan dan penggalangan potensi cybersecurity startup di Indonesia.

Roadshow Cybersecurity Startup Malang, merupakan kerjasama antara BSSN dengan Universitas Brawijaya, Datacomm dan Aptikom serta didukung oleh PT Telkom, British Standards Institution (BSI), Komunitas Startup STASION dan Surabaya Hackerlink. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung F lantai 12 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), dihadiri 200 peserta dari berbagai kalangan yaitu mahasiswa di Jawa Timur, komunitas start up di Malang serta komunitas hacker Surabaya dan Malang.

Acara diawali oleh sambutan dari Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., M.S dan Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Ekonomi Digital (IKPRED) BSSN Nunil Pantjawati, B.Sc.,M.E. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Brawijaya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya dalam kerjasama penyelenggaraan kegiatan Roadshow Cybersecurity Startup Malang ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya ilmu yang bermanfaat untuk pengembangan diri bagi para peserta.

Direktur IKPRED dalam sambutannya mengatakan saat ini sebagian besar startup di Indonesia bergerak di bidang Marketplace, Logisctic, Retail, Classified, Daily Deals, Marketing, Fintech Peer to Peer Lending, Fintech Payments, Healthtech, Fashion, Tourism dan lain-lain. Namun sedikit startupdi Indonesia yang bergerak di bidang Cybersecurity, dimana kenyataannya seluruh startup memanfaatkan teknologi internet yang sangat rentan terhadap serangan siber. BSSN berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dan partisipasi para peserta yang hadir disini, yang memiliki banyak ide dan inovasi, serta sharing pengalaman dari para narasumber, kedepan diharapkan perkembangan ekosistem Cybersecurity Startup Indonesia dapat terwujud.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi materi yang masing-masing dipandu oleh moderator  dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Sesi pertama membahas tentang peluang Cybersecurity Startup di Indonesia yang disampaikan oleh Intan Rahayu, S.Si., M.T. selaku Kepala Subdirektorat  Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Sektor E-Commerce, Dony Hanggono selaku perwakilan datacomm dan Natalia Evianti selaku Information Resilience Manager BSI Group Indonesia. Sementara itu sesi kedua membahas tentang berbagai informasi tentang cara membangun Cybersecurity Startup yang disampaikan oleh Edwin Purwandesi selaku Big Data Platform & Business Development Telekomunikasi Indonesia, Adhitya Bhawiyuga, S.Kom, M.Sc yang merupakan akademisi berprofesi sebagai tenaga pengajar di FILKOM UB dan perwakilan Komunitas Surabaya Hackerlink.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan motivasi kepada peserta mengenai peluang dan potensi pengembangan Cybersecurity Startup. Hal tersebut menjadi langkah awal BSSN dalam mencapai tujuan utama yaitu berkembangnya ekosistem Cybersecurity Startup di Indonesia.

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

BSSN Selenggarakan Training Malware dan Incident Handling

Jakarta, BSSN.go.id - Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Tren ini telah mengubah banyak bidang...

Kepala BSSN Melantik Mahasiswa Baru STSN

Jakarta, BSSN.go.id - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia Hinsa Siburian melantik mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Tahun Akademik 2019-2020, Selasa (17/9).Berdasarkan pantauan Tim Humas BSSN di Lapangan Upacara STSN,...

BSSN Selenggarakan Kampanye Literasi Keamanan Siber di Yogyakarta

Yogyakarta, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar kampanye literasi keamanan siber dengan mengusung tema “Seminar dan Edukasi ke Masyarakat Tentang Kesadaran Keamanan Data Pribadi” yang dilaksanakan di Auditorium AA YKPN Yogyakarta pada Sabtu...

Share This