Surabaya (1/2). Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H., menjadi narasumber pada acara Perayaan Natal Nasional Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) tahun 2019 dan Rakernas I Dewan Pengurus Pusat GAMKI masa bakti 2019-2022.

Kegiatan diselenggarakan di Garden Palace Hotel Surabaya pada 1 Februari 2020. Dalam kesempatan tersebut Dharma mengajak peserta berdiskusi mengenai “Generasi Milenial Menjemput Puncak Bonus Demografi 2030.”

Globalisasi membawa berbagai perubahan bagi bangsa Indonesia, seperti misalnya masuknya berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga bangsa Indonesia kini sejajar dan tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Namun demikian di sisi lain, globalisasi juga membawa pengaruh negatif bagi bangsa Indonesia.

Saat ini nilai-nilai Pancasila semakin tergerus, generasi muda Indonesia mulai terpapar egoisme, individualisme, anti-sosial, hedonisme, dan berbagai pola perilaku hidup lain yang tidak mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Perubahan perilaku tersebut menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia mulai kehilangan jati dirinya.

Menyikapi hal tersebut, Dharma mengingatkan kepada segenap perwakilan generasi muda yang hadir bahwa saat ini generasi milenial kurang bijak dalam memanfaatkan teknologi sehingga menjadi kurang produktif. Dharma menyatakan bahwa puncak bonus demografi merupakan pedang bermata dua, di satu sisi akan tersedia sumberdaya manusia (SDM) sebagai tenaga kerja sekaligus pasar bagi produk dalam negeri, namun di sisi lainnya jumlah SDM yang melimpah tersebut bisa berbahaya jika tidak produktif sehingga malah berpotensi menjadi beban negara.

Menurut Dharma hal tersebut bisa diantisipasi salah satunya melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila. Generasi milenial harus menjadi penggerak perubahan, menciptakan inovasi produk buatan dalam negeri, memanfaatkan teknologi dengan bijak serta memiliki kecerdasan spiritual.

Di akhir diskusi Dharma mengajak peserta untuk berperan aktif menanamkan dan mengamalkan nilai Pancasila dalam semua aspek kehidupan agar pola hidup dan perilaku negatif yang mulai masuk dan menggerogoti nilai luhur bangsa dapat dibendung dan tidak merusak nilai-nilai luhur, tatanan budaya dan kehidupan bangsa dan negara. (MW)

Editor: Yudhi Hernawan

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Humas - BSSN

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This