SYAHRUL MUBARAK

Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara

Lahir di Jakarta pada tanggal 6 Maret 1962. Menyelesaikan Pendidikan di Akademi Sandi Negara pada Tahun 1983. Melanjutkan Pendidikan sarjana di Universitas Terbuka dan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Politik Program Studi Administrasi Negara (1998). Kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan memperoleh gelar Magister Manajemen di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (2006). Saat ini, tengah melanjutkan Pendidikan Program Doktor Ilmu Administrasi Publik di Universitas Brawijaya Malang dengan fokus penelitian Disertasi di Bidang Implementasi Kebijakan. 

Syahrul Mubarak mendedikasikan diri dan berkarir di Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dalam perjalanan karirnya, Syahrul Mubarak pernah menduduki beberapa jabatan Pimpinan Tinggi yaitu Kepala Direktorat Materiil Sandi (2007), Ketua Sekolah Tinggi Sandi Negara (2010), Kepala Biro Perencanaan, Hukum, Kepegawaian, dan Hubungan Masyarakat (2011), Deputi Bidang Pengamanan Persandian Lembaga Sandi Negara (2012), Sekretaris Utama Lembaga Sandi Negara (2014), dan Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara (2018-sekarang). 

Selama masa jabatannya di Lemsaneg dan BSSN, pada tahun 2017 Syahrul Mubarak menggalakkan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip dalam proses bisnis perkantoran. Di tahun 2019, BSSN kemudian dianugerahi penghargaan kearsipan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia atas peringkat memuaskan dalam pengelolaan arsip instansi pada Kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian. 

Pada tanggal 11 November 2020, oleh Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI), Syahrul Mubarak dianugerahi penghargaan dengan kategori TRENGGINAS sebagai seorang figur yang telah berkontribusi dan bersinergi dengan ASKOMPSI dalam rangka membangun sinergitas pusat dan daerah dalam implementasi teknologi.