Adakah yang berani membantah bahwa dalam kehidupan kita kini tidak dapat jauh dari internet (cyber/ siber)? Tidak hanya di kota-kota besar dan kecil, bahkan sampai ke pelosok desa terpencil, internet dapat menjangkaunya. Kita yang berada di suatu tempat tertentu dapat menghubungi siapa saja di tempat lain. Dapat disimpulkan bahwa kita kini berada pada era masyarakat siber.

Perkembangan teknologi komputer dan internet yang pesat telah memberikan dampak yang sangat besar dalam hidup manusia. Namun adakah kita sadar akan dampak buruk yang dibawa dalam penggunaan teknologi ini selain dampak positifnya? Rata-rata kita menganggap hal itu tidak terlalu berat. Akan tetapi jika hal itu tidak dilihat dengan serius dan tidak ditangani dengan baik maka dapat mengancam aspek keselamatan siber kita.

Secara sederhana, siber dapat diartikan segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan internet. Dari arti yang yang sederhana itu mengandung makna yang sangat tidak sederhana. Setidaknya, segala sesuatu yang berhubungan dengan siber, seperti handphone, telepon-pintar (smartphone), tablet, server perlu untuk diperhatikan keselamatannya yang merupakan bagian yang sangat bermakna, yang sangat tidak sederhana.

Ancaman Keselamatan Siber

Ancaman akan keselamatan siber pada akhirnya bukan sekadar ancaman melainkan telah beberapa kali terjadi. Virus malware terbukti menggemparkan dunia karena merusak data. Malware adalah nama ringkas bagi Malicious Software yang merupakan suatu program yang dibuat oleh individu atau pihak tertentu untuk mengganggu operasi komputer, menjelajah atau mendapatkan akses ke sistem komputer dan jaringan internet. Malware adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk kepada pelbagai bentuk program jahat atau sering disebut virus.

Kini lebih menggemparkan, dengan munculnya Ransomware, yaitu suatu software jahat yang dapat mengunci (me-lock) komputer kita sehingga tidak dapat dipakai, dengan cara mengenkripsi data kita, dan meminta tebusan untuk pengembalian data kita – yang boleh jadi data kita tidak kembali tetapi justru kita diperasnya.

Upaya yang perlu dilakukan oleh kita setidaknya mengetahui dan menyadari (awareness) terhadap kemungkinan buruk yang mungkin muncul dan sewaktu-waktu. Ada baiknya selalu mengup-date informasi mengenai siber, yang bukan saja kebermanfaatannya tetapi juga sisi buruknya dan segala ancaman keselamatan siber akibat berbagai virus yang dapat menghancurkannya. Informasi apa pun yang berkaitan dengan siber sangat penting, setidaknya membantu mendekteksi sejak dini siber kita sehingga keselamatan siber kita dapat terjamin. Intinya, selalu ingat keselamatan siber.

Referensi

  1. http://www.bleepingcomputer.com/virus-removal/cryptolocker-ransomware-information
  2. http://www.bleepingcomputer.com/forums/t/530294/poshcoder-malware-removal/
  3. Internet: Wikipedia Indonesia
  4. Berita mengenai Ransomeware dari Televisi, Radio, dan Koran, tanggal 2 dan 3 Juli 2017
  5. Berita Online/ Dalam jaringan (Daring)
  6. SMS dari Kemkominfo, tanggal 2 Juli 2017

TnG

Infomed

BSSN Selenggarakan National Internet Security Days 2018

Jakarta (13/11) – Pada tanggal 13 November 2018, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan National Internet Security Days (NISD), di JS. Luwansa, Jakarta. Acara ini dibuka oleh Deputi Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Asep Chaerudin, dan dihadiri oleh...

KUNJUNGAN INDUSTRI ICT JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNISSULA KE BSSN

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menerima kunjungan industri mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang yang bertempat di Auditorium Roebiono Kertopati BSSN, pada Senin, 12 November 2018. Kunjungan tersebut dimaksudkan...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This