1. Halo #Siberman. Tahukah kamu, tanggal 12 Juli ini diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional ke-71 lho. Siapa yang masih ingat apa itu koperasi dan apa saja prinsipnya?

2. Sejarah koperasi di Indonesia sudah berlangsung lama sejak zaman sebelum kemerdekaan. Mau tahu bagaimana sejarahnya? Simak infonya dalam grafik berikut.

3. Mengikuti perkembangan zaman, Kementerian Koperasi dan UKM gencar melakukan reformasi total koperasi. Tujuannya tentu saja supaya koperasi mampu meningkatkan kesejahteraannya anggota, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

4. Ada 3 langkah yang dilakukan @KemenkopUKM dalam mereformasi koperasi, yakni Reorientasi, Rehabilitasi, dan Pengembangan. Simak penjelasannya sebagai berikut ya.

5. Berkat reformasi total koperasi yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM, kontribusi koperasi terhadap PDB pada tahun 2017 meningkat, yakni sebesar 4,48%.

6. Reformasi total koperasi juga berhasil menaikkan rasio kewirausahaan secara signifikan.

7. Koperasi sekarang sudah semakin maju. Contohnya @KospinJasaID. Melalui anak perusahaannya PT Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi, @KospinJasaID menjadi koperasi pertama yang berkiprah di lantai bursa

8. Selain itu, juga ada Kisel dan KWSG. Kedua koperasi ini sukses bertransformasi menjadi koperasi yang maju dan modern dengan bisnis utama di berbagai sektor.

9. Dari sekian banyak koperasi yang sukses bertransformasi menjadi koperasi yang maju itu, ini dia 10 besarnya.

10. Apa kata para tokoh tentang Koperasi di Indonesia? Simak informasinya dalam infografik berikut dan jangan lupa untuk segera bergabung dan majukan koperasi Indonesia. #DirgahayuKoperasi.

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BSSN

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This