Jakarta (10/7). Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam mengupayakan keamanan transformasi digital Indonesia. Sebagaimana disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya pada 16 Agustus 2019 lalu, data merupakan jenis kekayaan baru bangsa yang nilainya lebih berharga dari minyak oleh karena itu pengamanan data tidak bisa ditawar lagi. Pandemi Covid-19 telah menjadi katalisator percepatan transformasi digital di Indonesia. BSSN berkomitmen mewujudkan keamanan transformasi digital pemerintah salah satunya melalui penerapan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh BSrE. Beberapa hal tersebut disampaikan oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian dalam sambutan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BSSN dengan Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR RI dan antara Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) dengan Biro Humas MPR RI di Ruang Delegasi Gedung Nusantara V Kompleks MPR/DPR/DPD Senayan hari ini Jumat (10/7/2020).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono sedangkan PKS ditandatangani oleh Kepala BSrE Rinaldy dan Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah.

Dalam sambutannya Hinsa mengutarakan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Kami berharap perlindungan data dan informasi milik Setjen MPR RI nantinya dapat terdukung secara optimal.”

“Nantinya BSSN secara berkesinambungan akan memberikan dukungan mulai dari penerbitan sertifikat elektronik, menyediakan narasumber, memberikan pendampingan teknis hingga melakukan evaluasi pelaksanaan pemanfaatan sertifikat elektronik’” ujar Hinsa.

“Saya berharap kita dapat segera mengimplementasikan butir-butir kesepakatan yang telah disusun dengan penuh komitmen untuk mewujudkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, dan berkesinambungan sehingga pemanfaatan Sertifikat Elektronik ini dapat berjalan dengan baik ke depannya,” ujar Hinsa.

“Sejalan dengan upaya BSSN untuk terus meningkatkan kompetensi dan inovasi dalam bidang teknologi keamanan siber, kolaborasi dan sinergi dengan seluruh stakeholder keamanan siber juga sama pentingnya untuk dilakukan guna melindungi keutuhan dan kedaulatan negara dari segala bentuk ancaman siber,” tutup Hinsa.

Dalam kesempatan tersebut Maruf Cahyono menyatakan MoU tersebut akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, berbagai dokumen milik Setjen MPR RI nantinya dapat dijaga keamananannya.

“Ini bukan sekadar kerjasama tetapi kolaborasi yang luar biasa untuk bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah. Kehadiran BSSN melindungi dan mengamankan setiap transaksi dan komunikasi elektronik sangat diperlukan. Harapannya tidak hanya kami, tetapi semua kementerian dan lembaga nantinya juga mendapatkan hal yang didapatkan oleh Setjen MPR RI,” pesan Maruf.

Usai menandatangani MoU dan PKS kedua pihak bertukar cinderamata. Kegiatan juga dihadiri oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak dan Deputi Bidang Proteksi Akhmad Toha serta jajaran pejabat Setjen MPR RI.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...