Depok, BSSN.go.id – Amanat Presiden Joko Widodo untuk menyederhanakan birokrasi pemerintah bertujuan untuk menciptakan birokrasi pelayanan publik yang lebih dinamis, agile, profesional, efektif dan efesien.Setelah melakukan penyederhanaan birokrasi sebagaimanan arahan Presiden tersebut BSSN menggelar Rapat Koordinasi Transformasi Pengembangan Karir Jabatan Fungsional di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat (27/5).

Membuka kegiatan tersebut, Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, menyampaikan penyederhanaan birokrasi di BSSN diharapkan dapat membuat proses pengambilan keputusan bisa dilakukan lebih cepatsehingga peningkatan kinerja pelayanan pemerintah menjadi lebih tangkas dan responsif yang pada akhirnya layanan masyarakat bisa lebih efektif dan efesien.

Selanjutnya Syahrul mengungkapkan bahwa BSSN telah melaksanakan penyetaraan jabatan pada akhir 2020. “Dari total 147 jabatan administrasi telah disetarakan sejumlah 101 jabatan”, ujarnya. Penyetaraan jabatan pada dasarnya dilakukan dengan berbagai pertimbangan agar tidak ada yang dirugikan baik dari aspek karir maupun penghasilan bagi para pemangku jabatan. Namun demikian, penyetaraan jabatan di BSSN bukanlah tanpa kendala. Beberapa pegawai mengeluhkan adanya ketidaksesuaian antara kualifikasi dan kompetensi pegawai dengan jabatan fungsional yang didudukinya, adanya kekhawatiran dalam hal kepastian karir, dan adanya kesulitan dalam hal pengumpulan angka kreditnya.

Selain itu, Syahrul menambahkan bahwa dalam penyetaraan jabatan menimbulkan beberapa perubahan antara lain perubahan mekanisme tata kerja, perubahan struktur organisasi serta perubahan formasi jabatan. “Saat ini BSSN Sedang dalam proses restrukturisasi organisasi yang tentunya perlu menyiapkan strategi agar perubahan dan penyetaraan jabatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja BSSN ke depannya,” tegasnya.

Rapat Koordinasi ini diisi oleh narasumber Elly Fatimah dari Lembaga Administrasi Negara, G. A. A. Diiah Ambarawaty dari LKPP serta Aba Subagja dari Kemenpan RB. Peserta nampak antusias mengikuti paparan dari para narasumber terlihat dari banyaknya pertanyaan baik yang mengikuti secara daring maupun langsung di Ballroom Hotel.

BSSN berharap dengan rakor ini, para pemangku jabatan penyetaraan dapat memperoleh pencerahan dan menemukan solusi permasalahan terkait dengan penyetaraan jabatan. (De/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...