Solo, BSSN.go.id – Saat ini pemanfaatan teknologi informasi di segala sendi-sendi kehidupan sangat terasa, terlebih di saat pandemi COVID-19 ini, tidak terkecuali di dalam dunia usaha barang maupun jasa. Di setiap sektor industri pemanfaatan teknologi informasi sangat penting dan vital untuk menunjang jalannya proses bisnis organisasi. Bahkan, khususnya di sektor ekonomi digital, pemanfaatan teknologi informasi merupakan tulang punggung organisasi untuk menjalankan bisnisnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk kedua kalinya Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Ekonomi Digital BSSN kolaborasi dengan PT. Telkom Indonesia menggelar Workshop Incident Handling selama dua hari, 9-10 Juni 2021 di The Alana Hotel and Convention Center Solo, untuk meningkatkan kompetensi startup yang berada di Solo.

Dalam sambutannya mewakili Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Wida Sandrayanti selaku Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Ekonomi Digital BSSN mengatakan, semoga workshop ini dapat memberi manfaat bagi 50 stakeholder yang hadir, dan dapat mempersiapkan organisasinya dalam menghadapi insiden serta membantu meminimalisir dampak yang mungkin terjadi dari insiden keamanan siber.

“Tujuan diadakannya workshop ini adalah memberi tambahan pengetahuan, wawasan dan best practicedalam mengelola insiden keamanan siber pada perusahaan rintisan bapak ibu sekalian,” ujar Wida membuka sambutan.

Adapun materi-materi yang diberikan, lanjut Wida, diantaranya pengantar tata kelola penanganan insiden dan koordinasi penanganan insiden, perlindungan data pribadi, praktek penanganan insiden, pengenalan teknik analisis paket data dan perlengkapan dasar pendukung insiden respon, serta studi kasus terkait penanganan insiden, yang diberikan oleh para narasumber yang sudah berpengalaman.

“Kami berharap peserta kegiatan dapat membagi pengetahuan yang didapat dari kegiatan ini kepada rekan di organisasinya sehingga nantinya pengelolaan insiden tidak hanya menjadi concern satu orang saja namun bisa menjadi concern banyak orang didalam organisasi bapak ibu sekalian,” tutup Wida.

Sementara itu, Executive Vice Presiden Divisi Government Service PT. Telkom Indonesia, Dedy Mardhianto menyampaikan terima kasih kepada BSSN karena sudah dilibatkan dalam kegiatan workshop ini. Dengan adanya kegiatan ini Dedy berharap semoga kegiatan ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi peserta untuk dapat memahami materi yang dibahas terkait keamanan siber di sektor ekonomi digital.

“Harapannya semoga teman-teman dari startup dalam 2 hari kegiatan ini dapat mendapatkan ilmu yang luar biasa, dan dapat berkontribusi dalam menjaga keamanan siber, tentunya dalam kemampuan dan di bidangnya masing-masing,” tegas Dedy.

Di kesempatan yang sama juga telah di deklarasikan CSIRT (Computer Security Incident Response Team), dari salah satu marketplace asli indonesia yaitu CSIRT BLIBLI.COM. Tentunya melalui deklarasi dan terdaftarnya CSIRT BLIBLI.COM ke BSSN diharapkan dapat terbentuk pola kolaborasi dan sinergitas dalam membangun dunia cybersecurity di Indonesia antara BSSN dengan stakeholder ekonomi digital dalam rangka mendukung proses bisnis dan pelaksanaan perlindungan terhadap sistem keamanan siber nasional diberbagai sektor. (Im/Yud)

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Minimalisir Ancaman Siber BSSN Resmikan SumselProv-CSIRT

Palembang, BSSN.go.id - Menghadapi serangan yang berada di ruang siber, negara hadir melalui BSSN yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan keamanan siber di Indonesia. BSSN terus berupaya memperbaiki kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsi di bidang keamanan...

Sudah Selektifkah Anda dalam Memilih Penyedia Jasa Internet?

Depok, BSSN.go,id - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat membuat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan aktivitas keseharian kita. Secara bertahap kita mulai mendigitalisasi berbagai hal dalam kehidupan. Covid-19 yang...

Waspada Dampak Buruk Gadget pada Anak

Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut. Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah...

Tips Memulai Bisnis untuk Penyandang Disabilitas

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan...