Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah hal mudah, hal tersebut berlaku bagi siapapun, terutama para penyandang disabilitas yang cenderung memiliki mental breakdown lebih tinggi karena kondisi yang dialami. Semua orang pada dasarnya, tidak terpaku pada keterbatasan fisik yang dimiliki, memiliki perasaan takut terhadap risiko ketika akan memulai sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Berikut beberapa hal yang bisa dijadikan penyemangat bagi penyandang disabilitas untuk memulai usaha.

Jangan Membatasi Diri

Cobalah untuk menerima kondisi, jadikan kekurangan sebagai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Dengan begitu tidak perlu membatasi diri dari ide-ide gila yang muncul dari pikiran tentang suatu hal yang bisa membuat maju. Keterpurukan hanya akan membuat diri menjadi tertutup dan enggan menerima segala sesuatu yang dirasa ‘tidak mungkin untuk dilakukan’. Jika terus menerus memfokuskan diri sebagai penyandang disabilitas maka kecenderungan dan semangat untuk sukses tidak akan ada di pikiran. Cobalah untuk tidak membatasi diri dari ide-ide luar biasa.

Belajar dari Orang Lain

Jangan pernah berhenti belajar sampai kapanpun, pengetahuan bisa didapat dari mana saja, tidak terkecuali dari orang lain yang memiliki kesuksesan lebih tinggi. Orang-orang yang biasa dikenal sebagai influencer tersebut bisa dijadikan sebagai acuan untuk melangkah lebih maju dan berkembang. Sadarilah bahwa keterbatasan yang dimiliki bukan berarti keterbatasan untuk mempelajari banyak hal termasuk tentang bagaimana tips memulai bisnis yang tepat. 

Mengikuti Pelatihan

Sebelum memutuskan berbisnis, perlu dipahami lebih dulu tentang bisnis yang akan dijalani. Dibutuhkan perencanaan dan kesiapan yang matang, serta wawasan yang cukup agar bisnis berjalan lancar di kemudian hari. Salah satu tips memulai bisnis yang baik yaitu dengan mengikuti pelatihan bisnis. Semua orang tetap membutuhkan pelatihan sebagai modal dasar untuk mengembangkan usahanya.

Memperluas Relasi

Sebelum, saat dan setelah memulai bisnis, sangatlah penting untuk memperluas relasi. Selain dapat menguatkan bisnis, banyaknya relasi dapat mempermudah jalannya bisnis. Jangan lupa untuk menjalin koneksi dan kerja sama dengan orang-orang yang sudah sukses lebih dulu.

Merancang Tempat Bisnis

Tempat bisnis merupakan satu hal yang seringkali terlewatkan. Banyak calon pebisnis yang sudah membuat konsep produk sedemikian rupa, tapi melupakan lokasi yang akan dijadikan tempat bisnis. Sebenarnya perihal tentang tempat bisnis bisa dipikirkan di akhir, tapi malah sering terlupakan begitu saja. Padahal jika tempat bisnis belum ditentukan akan sulit menentukan biaya total yang akan dijadikan modal (meliputi biaya sewa, perawatan, dan lain-lain).

Mencari Pendanaan

Modal dana tentu merupakan salah satu tonggak dalam memulai sebuah bisnis walaupun ada beberapa jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal atau hanya membutuhkan modal sedikit, tetap saja tetap harus disiapkan terlebih dulu tentang ini. Buktikan bahwa penyandang disabilitas bukanlah seseorang yang butuh dikasihani. Maksimalkan kelebihan yang dimiliki untuk mengumpulkan dana sebagai modal awal berbisnis.

Internet Sebagai Pengungkit

Berbagai hal bisa dicari, diketahui dan bahkan didapatkan lebih mudah melalui internet. Pengalaman dan pengetahuan bisnis, menambah relasi dan jejaring bisnis, mencari dan membandingkan rencana dan tempat bisnis hingga mendapatkan dana misalnya dengan mengajukan pinjaman dana di perusahaan fintech dengan mekanisme yang kini sudah bisa dilakukan secara online kini bisa dilakukan dengan menggunakan internet.

Peduli Keamanan Siber

Seperti hanya di ruang realitas fisik, yang terjadi di dunia nyata juga terjadi di ruang siber atau internet. Selain tersedia beragam kesempatan dan berbagai kemudahan terdapat pula beragam kepentingan dan risiko jadi waspadalah dan selalu berhari-hati dalam menggunakan ruang siber untuk memulai usaha. Tidak ada salahnya belajar secara khusus mengenai keamanan siber agar usage yang dibangun tidak terganggu oleh kejahatan siber. 

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

 

<<< KEMBALI

____________________________________________________

Seri Edukasi dan Literasi lainnya

dapat diakses melalui halaman berikut.

____________________________________________________

Kapasitas Mandiri Organisasi Modal Pertama Hadapi Serangan Siber

Jakarta - BSSN.go.id (6/8). Terkait dengan keamanan siber, Direktur Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiyawan dalam diskusi dalam jaringan Cyber Security Workshop bertema “Data Protection and Data Regulations in Indonesia” yang...

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...