Budaya internet atau cyberculture adalah budaya yang muncul dari penggunaan jaringan komputer untuk komunikasi, hiburan dan bisnis. Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang menjadi fenomena sosial terkait bentuk lain

komunikasi jaringan, seperti komunitas online, game multi-player online, serta jejaring sosial, penggunaan smartphone, transaksi perbankan online dan aplikasi mobile internet. Fenomena tersebut mencakup masalah identitas, privasi, dan pembentukan jaringan, serta hubungan antar manusia, komputer dan kepribadian di dunia maya.

Perkembangan budaya internet diikuti pula dengan perkembangan kejahatan internet yang tidak kalah pesat. Umumnya kejahatan internet mengacu pada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utama. Namun, istilah tersebut juga digunakan dalam kegiatan kejahatan tradisional di mana komputer atau jaringan komputer menjadi alat untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.

Mempertimbangkan berbagai macam kasus dan modus serangan siber yang terjadi, BSSN berinisiatif menyusun buku berisi tips dan informasi yang mudah dicerna terkait berselancar di dunia maya dengan aman dan menghadapi serangan kejahatan internet. Tidak semua modus dan kasus dapat ditulis atau dimuat dalam buku ini, namun diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Buku ini juga akan digunakan BSSN dalam acara Roadshow Sosialisasi Keamanan Siber Tahun 2019 di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Selamat berselancar dengan aman dan nyaman di dunia Siber, semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi BSSN

Share This