Jakarta-BSSN.go.id (2/9). Masyarakat semakin cerdas dan kritis, menuntut transparansi dan akuntabilitas lembaga publik termasuk BSSN. Akuntabilitas bukan sekedar kemampuan menunjukkan bagaimana uang publik dibelanjakan akan tetapi juga meliputi kemampuan menunjukkan uang publik tersebut dibelanjakan secara ekonomis, efisien dan efektif.

Penerapan konsep value for money penting bagi pemerintah sebagai pelayan masyarakat. Implementasi konsep tersebut memberi manfaat untuk: (1) efektivitas pelayanan publik, (2) mutu pelayanan publik, (3) alokasi belanja yang lebih berorientasi pada kepentingan publik dan (4) meningkatkan public cost awarenesssebagai akar pelaksanaan pertanggungjawaban publik. Pengendalian anggaran berbasis kinerja melalui konsep value for money selaras dengan jiwa dan semangat pengimplementasian nilai Pancasila, yaitu mengurangi risiko pemerintah menghianati amanat rakyat.

BSSN menetapkan Indikator Kinerja Utama dan menyusun laporan akuntabilitas kinerjanya sebagai pertanggungjawaban organisasi kepada pemangku kepentingan atas pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban. laporan kinerja tersebut memberikan gambaran pertanggungjawaban BSSN dalam upaya memenuhi setiap target kerja dan pemakaian sumber dayayang digunakan organisasi. Laporan Kinerja Tahun 2019 BSSN tersebut disusun sebagai upaya BSSN dalam menjaga akuntabilitas kinerja dan media komunikasi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait kinerja BSSN. Laporan kinerja ini diharapkan juga menjadi bahan evaluasi peningkatan kinerja di lingkungan internal BSSN.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN