Bertempat di Auditorium Roebiono Kertopati Badan Siber dan Sandi Negara pada hari Selasa, 9 Juli 2019 tujuh pemerintah daerah melakukan penandatanganan kerjasama pemanfaatan sertifikat elektronik dengan BSSN. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah, Sekertaris Daerah Pemkot Madiun, Kepala Dinas Kominfo Pemkot kendari, Kepala Dinas Kominfo Pemkab Pemalang, Plt. Kepala Dinas Kominfo Pemkab Kapuas, Kepala Dinas Kominfo Pemkab Tanah Datar, Sekretaris Daerah Pemkab Indramayu.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak, S.IP., M.M. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Karo Hukum dan Humas Y.B. Susilo Wibowo, S.E, M.M, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Rinaldy, S.Sos, serta para pejabat struktural dilingkungan BSSN.

Penandatangan Kerja Sama

Dalam sambutannya Syahrul Mubarak menyampaikan bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, bertujuan mewujudkan tata kelola dalam pengaturan, pengarahan, dan pengendalian secara terpadu dan proses manajemen SPBE yang efektif, efisien, berkesinambungan, dan berkualitas. Dengan SPBE yang terpadu secara nasional, diharapkan membentuk proses bisnis pemerintahan yang terintegrasi dan menghasilkan penyelenggaraan whole of government yang baik dalam pelayanan publik. Salah satu prinsip untuk melaksanakan SPBE adalah keamanan teknologi informasi dan komunikasi. Penerapan SPBE harus ditopang dengan teknologi pengamanan yang menjamin kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan. Bentuk dari teknologi pengamanan yang dimaksud adalah menggunakan tanda tangan digital yang dilengkapi dengan sertifikat elektronik yang memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah sesuai peraturan perundang-undangan.

BSSN mendukung penyelenggaraan SPBE ini dari sisi keamanan siber dan persandian melalui penyediaan layanan sertifikat elektronik. Layanan ini merupakan jenis layanan bidang persandian yang pembinaan dan pengawasan teknisnya dilaksanakan oleh BSSN melalui Balai Sertifikasi Elektronik atau dikenal dengan BSrE. Selain faktor teknologi dan sistem keamanannya, faktor penting lain yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan sistem elektronik adalah sumber daya manusia atau SDM.

Perwakilan BSSN dan Pemda

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan Kerjasama antara Balai Sertifikasi Elektronik BSSN dengan tujuh pemerintah daerah yang diwakili oleh para Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dengan disaksikan oleh Sekretaris Utama BSSN, Kepala Biro Hukum dan Humas BSSN, Sekretaris Daerah Kota Madiun dan Sekretaris Daerah Kab. Indramayu.

Bagian Komlik

Infomed

Kepala BSSN Melantik dan Mengambil Sumpah Wakil Kepala

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian mengambil sumpah Irjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H. sebagai Wakil Kepala BSSN di Auditorium Roebiono Kertopati BSSN Jakarta hari ini 17 juli 2019. Dharma Pongrekun mengisi...

Cyber Security Drill Test BSSN Menginjeksi Sektor Energi

Jakarta (17/7) - Cyber Security Drill Test kembali dilaksanakan, dan memasuki hari kedua dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta dari Sektor Energi untuk diberikan pelatihan dalam menangani insiden siber mulai dari preparation, identification, containment,...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This