Depok, BSSN.go.id – Menggenapi vaksinasi Covid-19 tahap pertama berjenis Sinovac yang telah dilakukan pada 3-4 Agustus yang lalu, Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) kembali menggelar vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diperuntukkan bagi keluarga pegawai BSSN dan masyarakat sekitar. Vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini dilaksanakan di Aula Kantor BSSN, Depok-Jawa Barat, Rabu (1/9).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Klinik Pratama BSSN tersebut berkolaborasi dengan Rumah Sakit Bunda Margonda. Kegiatan dimulai pukul 08.00 – 15.00 WIB melibatkan 423 orang penerima vaksin.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut peserta wajib melalui beberapa langkah prosedur. Pertama, peserta vaksin diminta untuk cek kesiapan diri dengan membawa surat vaksin dosis pertama. Peserta diwajibkan melakukan registrasi dan verifikasi data. Pastikan data sesuai dan jika ada kesalahan seperti kesalahan penulisan nama atau alamat, agar segera dikonfirmasi.

Setelah registrasi, akan dilakukan screening awal yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Screening awal berupa cek tensi darah dan konfirmasi riwayat kesehatan. Peserta yang memenuhi syarat akan dapat melakukan vaksinasi. Setelah vaksin berlangsung, kepada peserta dilakukan observasi selama kurang lebih 30 menit untuk mengidentifikasi apakah ada respon tertentu yang terjadi pasca vaksin.

Setelah sesi tersebut dilakukan pencetakan sertifikat vaksinasi, sekaligus menandakan vaksinasi dinyatakan selesai. Bagi yang sudah selesai vaksin, untuk melihat datanya dapat mengunduh melalui aplikasi www.pedulilindungi.id.

Untuk peserta vaksinasi tahap kedua, perlu diperhatikan bahwa setelah vaksin kedua ini tidak serta merta bebas dari paparan virus corona, melainkan untuk melindungi diri dari gejala yang berat. Seluruh peserta vaksin agar senantiasa menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas). Karena ini merupakan salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus corona.

BSSN sangat berharap dengan selesainya vaksinasi tahap kedua ini, dapat meningkatkan imunitas bagi seluruh pegawai beserta keluarganya maupun masyarakat di sekitar kantor BSSN sehingga dapat membentuk herd immunity untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program nasional pemerintah dalam memerangi Covid-19. (Yo/Yud)

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN