Depok, BSSN.go.id – Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia Dharma Pongrekun membuka secara langsung kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Fungsional  Sandiman Pertama di Gedung B Pusat Pendidikan dan Pelatihan BSSN, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/10).

Dharma mengatakan amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara menegaskan bahwa pengembangan karir ASN merupakan bagian integral dari Manajemen ASN. Salah satu bentuk pengembangan karir Pegawai Negeri Sipil adalah pengangkatan dalam jabatan fungsional.

Dalam sambutannya Wakil Kepala BSSN Dharma Pongrekun menekankan, jabatan fungsional sandiman sebagai salah satu jabatan fungsional yang melaksanakan tugas di bidang keamanan siber dan sandi memiliki peran strategis dalam menghadapi dampak ancaman terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih.

“Pejabat Fungsional Sandiman yang profesional dituntut memiliki kompetensi sesuai jabatannya agar mampu menyelesaikan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Salah satu upaya dalam mewujudkan profesionalisme tersebut yaitu melalui pendidikan dan pelatihan penjenjangan Jabatan Fungsional Sandiman,” ujar Dharma.

Badan Siber dan Sandi Negara selaku instansi pembina jabatan fungsional sandiman memiliki tugas membina pejabat fungsional sandiman agar dapat meningkatkan dan memenuhi kompetensinya sesuai dengan standar kompetensi pada jenjang jabatannya melalui pendidikan dan pelatihan penjenjangan jabatan fungsional sandiman.

Dharma menghimbau kepada seluruh peserta diklat, dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu saudara akan menjalani proses pembelajaran untuk menguasai seluruh materi diklat yang akan diberikan oleh para widyaiswara dan fasilitator diklat. Karena seorang fungsional sandiman harus mampu menjadi pelaksana teknis dalam kegiatan pengamanan informasi, pengamanan siber, dan persandian.

“Oleh karena itu ikutilah seluruh kegiatan ini dengan tekun, penuh semangat dan disiplin, sehingga saudara dapat meraih hasil yang maksimal,” pesannya.

Turut hadir dalam pembukaan diklat itu perwakilan dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia, dan pejabat struktural BSSN. (RM-YH)

 

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN