Jakarta, BSSN.go.id – Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H., tampil sebagai speaker di acara Islamic Young Leaders Summit (IIYLS) 2019 di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Acara ini dihadiri para delegasi pemuda dari negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI), seperti Indonesia, Malaysia, Saui Arabia, Mesir, Afganistan, Maroko, Pakistan, Turki, Qatar, Brunei, Somalia, Bangladesh, Uni Emirat Arab, Algeria, Sudan, Iran, dan Irak.

Dalam paparannya yang mengangkat tema ‘Melindungi Generasi Muda Dari Radikalisme dan Terorisme Dalam Patron Siber’, Dharma menyampaikan teknologi smartphone terkini dapat memancarkan gelombang hypno electromagnetic yang dapat merusak DNA dan hormon. Dan apabila orang yang terpapar gelombang itu dengan mudah menyebarkan informasi-informasi hoaks di media sosial, bahkan melakukan aksi teror.

“Siapapun yang sudah terpapar akan terdorong membuat dan menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian melalui media sosial yang akhirnya memicu aksi radikalisme dan terorisme,” ujar Dharma.

 

Ia juga menjelaskan aksi radikal bisa lahir karena manipulasi mindset melalui dunia siber, sehingga bisa menyesatkan siapa saja tanpa mengenal agama, suku dan identitas primordial apapun. Sementara pihak-pihak yang memanipulasi pola pikir manusia punya kepentingan menebar rasa ketakutan ke siapa saja, agar tujuannya untuk merekayasa kehidupan tercapai.

“Untuk itu saya mengajak para delegasi pemuda muslim agar menanamkan keimanan kepada Tuhan. Dengan mendeklarasikan kita sebagai mahluk ber- Tuhan, kita akan mampu menangkal berbagai dampak negatif dari globalisasi yang telah merekayasa kehidupan kita saat ini,” pesan Dharma.

Sebagai informasi tambahan, seremoni forum internasional pemuda Muslim itu dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ahmad Muzani, Head Advisory of OIC Youth Indonesia Ahmad Riza Patria, Menteria Agama RI Fachrul Razi, Wakil Ketua III DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Presiden OIC Youth Indonesia Syafi’I Efendi, Chairman Indonesian National Youth Council Tatan Taufiq Lubis, dan Chairman Organizing Committee Astrid Nadya Rizqita. (RM-YH)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, BSSN

Waka BSSN Ajak Seluruh Elemen Bersih Dari Korupsi

Bogor, BSSN.go.id - Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, M.M., M.H menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten dengan tema "Membangun Negeri Tanpa Korupsi" di Aula Hotel Seruni, Bogor (2/12). Tujuan...

Topping Off Gedung Deputi III BSSN

Depok, BSSN.go.id - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan topping offpemasangan atap bagunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi kepada Gedung Deputi III Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN di Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa...

Share This