Depok (19/6). Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Dharma Pongrekun sampaikan ceramah mengenai Cyberspace is Life Engineering kepada Siswa Sespimti Polri Dikreg ke-29 secara virtual dari ruang kerjanya di Kantor BSSN Sawangan Depok, hari ini Jumat 19 Juni 2020.

Dalam kuliah ini, Dharma memaparkan mengenai dunia siber dari perspektif grand makro. Menurutnya, dibalik segala hal terkait dunia siber, terdapat agenda tersembunyi yang membuat kita asik dalam satu persoalan dan dapat berdampak buruk. Dharma menyebutnya life engineering.

 

Life engineering itu adalah pribadi-pribadi kita yang di-engineering, sehingga tanpa disadari kita mudah dikendalikan,” ujar Dharma.

Dharma juga menyampaikan tentang penyalahgunaan teknologi yang dapat berakibat fatal seperti hoaks yang menyebar dengan lebih cepat dan lebih masif sehingga bisa merusak kerukunan dan memecah belah kesatuan bangsa dalam waktu cukup singkat.

Melihat fenomena itu, Dharma mengajak para siswa untuk kembali mengenali jati diri sebagai bangsa Indonesia, yang selalu senantiasa memaknai nilai-nilai Pancasila untuk diterapkan dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN, Anton Setiyawan juga menyampaikan peran BSSN yang berupaya memberikan jaminan keamanan terhadap infrastruktur dan koneksi, termasuk informasi yang dibangun di dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Anton juga menambahkan kemampuan BSSN dalam melindungi ruang siber Indonesia pada prinsipnya adalah menjadi leading tetapi memerlukan kerjasama, bantuan, dukungan serta kontribusi dari semua elemen yang terlibat.

“Jadi tanggung jawabnya (keamanan siber) dijalankan dengan kolaboratif dan sistemnya berjenjang dan prioritas. Tugas BSSN juga mengumpulkan dan membentuk tim-tim penanggulangan insiden siber atau biasa dikenal CSIRT di lingkungan instansi pemerintah seperti Pemda,” tambah Anton.

Ceramah secara virtual ini dihadiri 86 peserta yang terdiri dari 68 Pamen Polri, 17 Pamen dari TNI dan 1 dari Kejaksaan RI.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...