Jakarta, BSSN.go.id – Pusopskamsinas BSSN melakukan analisis informasi pendaftaran kartu prakerja di media sosial dan telah dilakukan verifikasi informasi tersebut melalui beberapa situs berita yang sudah tersertifikasi The International Fact-Checking Network di Indonesia.

Pusopskamsinas menemukan berberapa tautan informasi mengenai pendaftaran kartu prakerja yang melakukan pengalihan (redirect) yang sifatnya phishing. Beberapa tautan tersebut merupakan tautan phishingyang memanfaatkan tema bantuan sosial kartu prakerja. Apabila di-klik, tautan tersebut akan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berisi formulir pengisian data pribadi berupa status pencari kerja, nama, dan nomor handphone. Tautan phishing dengan formulir tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data pribadi korban berupa nama, nomor handphone dan status pencari kerja.

Hasil Penelusuran Alur Tautan

Setelah korban mengisi data, korban akan diarahkan ke halaman baru yang berisi “Download Aplikasi” yang baru bisa di-klik setelah korban menyebarkan informasi terkait ke beberapa kontak Whatsapp. Korban diminta membagikan informasi ke kontak Whatsapp dengan tujuan agar informasi menyebar dan pelaku mendapatkan lebih banyak data. Setelah meng-klik tombol “Download”, korban kemudian diarahkan ke sebuah halaman web milik sebuah agen travel.

Belum dipastikan apakah pesan tersebut disebarkan langsung oleh pihak agen travel atau dilakukan oleh pihak ketiga pemasar situs agen travel tersebut. Halaman web travel agent tersebut tidak menunjukkan perilaku yang mencurigakan seperti melakukan download atau mengeksekusi file tertentu yang terindikasi sebagai malware. Terdapat indikasi tujuan dari pesan tersebut merupakan clickbait mendapatkan jumlah klik terkait perolehan keuntungan dari AdSense.

Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...