Pidato dan Sambutan dari Deputi 4 BSSN untuk membuka kegiatan Pembinaan Jabatan Fungsional Sandiman

Jakarta (11/7): Bertempat di Hotel Aston Simatupang Jakarta, Badan Siber dan Sandi Negara menyelenggarakan workshop Pembinaan Jabatan Fungsional bagi pembina kepegawaian instansi pusat. Peserta workshop adalah Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di instansi yang telah memiliki jabatan fungsional sandiman  yaitu BSSN, Kemlu, Kejagung, Kemdagri dan PPK instansi yang belum memiliki JFS (Pemda).

Mewakili kepala BSSN, Dr. Suharyanto, S.E., M.M. Deputi Pemantauan Dan Pengendalian BSSN membuka acara workshop dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya Dr. Suharyanto menyampaikan bahwa dengan bergulirnya dunia ke dalam era digital dan dunia siber dimana aspek keterbukaan, akuntabilitas, dan kecepatan konektivitas menjadi poin penting, peran persandian tidak hanya menyangkut kerahasiaan saja. Tetapi persandian juga mempunyai peran dalam ke-empat aspek lainnya, menyangkut aspek keutuhan informasi, otentikasi, ketersediaan informasi, dan nir penyangkalan. Terlebih hampir semua sistem elektronik yang diselenggarakan instansi pemerintah maupun sektor privat membutuhkan dukungan keamanan, maka peran persandian menjadi sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan mewujudkan keamanan nasional.

Selanjutnya Dr. Suharyanto menjelaskan bahwa untuk menjalankan tugas persandian tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkompeten, salah satunya melekat pada Jabatan Fungsional Sandiman (JFS) yang berkedudukan   sebagai pelaksana teknis di bidang persandian pada instansi pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Melalui JFS, secara tidak langsung BSSN telah membagi sebagian tanggung jawab atas keamanan informasi pada instansi pemerintah kepada JFS. Untuk itu, kompetensi JFS sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan persandian pada instansi pemerintah guna mewujudkan keamanan informasi nasional.

Foto bersama dengan seluruh peserta Workshop

Dr. Suharyanto menegaskan bahwa Badan Siber dan Sandi Negara sebagai instansi pemerintah yang dibentuk untuk mewujudkan keamanan informasi nasional, telah melakukan pembinaan terhadap SDM di instansi pemerintah yang bekerja di bidang persandian, terutama bagi SDM yang menduduki jabatan fungsional sandiman dalam bentuk kegiatan diklat maupun non diklat yang diantaranya terdiri dari workshop, sosialisasi, asistensi, dan bimtek.

Pembinaan terhadap Jabatan Fungsional Sandiman pada hakikatnya tidak hanya menjadi tanggung jawab BSSN,  namun dalam hal pembinaan karir dan pengembangan kompetensinya, menjadi tanggung jawab masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi pemerintah. PPK memiliki peran yang penting dalam hal perhitungan formasi kebutuhan JFS, pengadaan JFS, penilaian kinerja JFS, fasilitasi administrasi kepegawaian JFS, perumusan rekomendasi pengembangan kompetensi dan sebagai narahubung antara JFS di instansinya dengan instansi pembina.Selama workshop akan dibahas beberapa materi dari narasumber terkait pembinaan Jabatan Fungsional Sandiman. Di akhir sambutan, Dr. Suharyanto  menyampaikan ucapan selamat kepada peserta workshop. ”Semoga ilmu yang diperoleh nantinya dapat diterapkan dengan baik dalam pelaksanaan tugas di instansi masing-masing”, ujarnya.

Kegiatan Workshop Pembinaan Jabatan Fungsional akan berlangsung sampai dengan tanggal 13 Juli 2018 dan diisi narasumber dari Kementerian PAN dan RB yang akan menyampaikan materi terkait Pola Karier dan Peta Jabatan Jabatan Fungsional.  Selain itu juga terdapat Narasumber dari BSSN yang akan membahas tentang Peran JFS bagi Organisasi, Praktek Perhitungan Formasi JFS, Pembuatan Kertas Kerja  Pembinaan JFS, Pembentukan Tim Penilai JFS Daerah (peserta Daerah), dan Kebijakan pengawasan mutu JFS serta materi tentang Peran BSSN (Sandiman) dalam menjaga keamanan siber dan sandi nasional.

FMN

Publikasi & Dokumentasi BSSN

Workshop Pra Uji Kompetensi Pejabat Fungsional Sandiman

Badan Siber dan Sandi Negara menyelenggarakan kegiatan workshop Pra Uji Kompetensi Pejabat Fungsional Sandiman yang dilaksanakan pada 17-18 Oktober 2018 di Hotel Aston Simatupang Jakarta. Tujuan kegiatan workshop guna memberikan pemahaman serta memberikan gambaran dan...

Himbauan Terkait Kerentanan CVE-2018-14847

Kerentanan Winbox MikroTik RouterOS hingga versi 6.42 memungkinkan remote attacker untuk melakukan bypass proses otentikasi dan membaca file, dengan cara memodifikasi permintaan (Request) untuk mengubah 1 (satu) byte yang terkait dengan Session ID. Dalam...

Kepala BSSN pada acara Tamu Khusus TVOne

Wawancara ekslusif Kepala Badan Siber dan Sandi Negara dengan TVOne pada acara Tamu Khusus yang ditayangkan pada hari Minggu, 7 Januari 2018. Berita Terbaru Panduan

Share This