Jakarta, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia meluncurkan Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional di Hotel JS Luwansa, Kamis (12/12/2019). Peta okupasi ini diluncurkan guna mewujudkan SDM yang terpercaya, profesional, dan berdaya saing.

Kepala BSSN Hinsa Siburian memberikan kata sambutan dalam acara ini mengatakan “Saya sangat menyambut baik penyelenggaraan acara launching Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional, sebagai langkah awal kita dalam mewujudkan SDM yang terpercaya, profesional, dan berdaya saing, sehingga BSSN mampu memberikan kontribusi positif dalam membangun ekosistem yang kondusif untuk menciptakan keamanan siber di Indonesia”.

Lanjut kata Hinsa, adapun tujuan launching Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional ini meliputi Penyelenggaraan aktivitas sertifikasi kompetensi yang berbasis skema okupasi nasional maupun Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan pengembangan kurikulum pendidikan tinggi maupun vokasi di bidang keamanan siber.

Selain itu, juga meliputi penyusunan job description okupasi keamanan siber bagi organisasi komersial maupun nirlaba, pemetaan profil kebutuhan dan ketersediaan SDM Keamanan Siber dalam berbagai okupasi, pembuatan berbagai modul dan desain instruksional berbasis kompetensi yang dibutuhkan lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan secara nasional, serta peningkatan efektivitas dan efisiensi penyusunan SKKNI Bidang Keamanan Siber sesuai dengan program skala prioritas.

“Dengan diluncurkannya peta okupasi ini, kami berharap tujuan-tujuan tersebut bisa diwujudkan, sehingga bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang berdaulat di bidang keamanan siber,” ujar Hinsa.

Selain itu, Hinsa juga berharap, Peta Okupasi Nasional Keamanan Siber dapat diimplementasikan dengan baik, dan langkah berikutnya adalah melakukan kolaborasi dan bersinergi dengan beberapa Kementerian, Lembaga, dan Instansi terkait diantaranya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Peresmian Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional ini dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Antonius Joenoes Supit, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BSSN.

Sebagai informasi tambahan, detil mengenai Peta Okupasi Keamanan Siber Nasional bisa di download di bava artikel ini. (RM)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas, BSSN