Jakarta (21/02)- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan Rapat Kerja (raker) Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi (Tekkamsisan) tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 Januari 2019 di Hotel Grand Kemang, Jakarta. Dihadiri pejabat struktural BSSN dan undangan. Raker mengambil tema “Melalui Raker Kita Tingkatkan Koordinasi Antar Unit Kerja di BSSN Dalam Rangka Mewujudkan Hasil Pengkajian dan Pengembangan Tekkamsisan yang Andal dan Bermanfaat”.

Kepala BSSN memberikan sambutan serta membuka secara resmi acara Raker. Dalam sambutannya Kepala BSSN mengatakan bahwa tema ini sangat relevan sebagai implementasi dari proses bisnis BSSN untuk mencapai kemandirian Teknologi Keamanan Siber dan Persandian. Kepala BSSN berharap Puskajibang Tekkamsisan memiliki road map pengkajian dan pengembangan yang terukur, dengan produk karya mandiri menjadi capaian utama.

Guna memperkuat konsep Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi, maka dihadirkan beberapa narasumber pada paparan di hari pertama oleh Deputi Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukhankam) Bappenas, Slamet Soedarsono dan Staf Ahli Kemenko Maritim Bidang Teknologi dan Informasi, Prof. Johannes Surya. Di hari kedua paparan narasumber oleh Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Agus Fanar Syukri, serta Eko Fajar Nur Prasetyo selaku pakar Chipset Indonesia.

Paparan dari internal yakni dari Kapuskajibang Tekkamsisan, Retno Artinah S. mengenai profil, proses bisnis, serta program kerja tahun 2018 dan 2019 Puskajibang Tekkamsisan. Kemudian, paparan Kebijakan terkait Perencanaan dan Anggaran Puskajibang Tekkamsisan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Pujo Dewo. Selain dari paparan diatas, terdapat laporan hasil kegiatan Puskajibang Tekkamsisan tahun 2018 yang dipaparkan oleh tim Rancang Bangun Puskajibang Tekkamsisan. Dalam paparan tersebut terdapat penjelasan mengenai aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh internal BSSN. Raker diakhiri dengan pembacaan hasil oleh Kapuskajibang Tekkamsisan, dan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak. (ndn/fmn)

Bagian Komunikasi Publik

Biro Hukum dan Humas

Imbauan Keamanan Kerentanan Port Thunderbolt

Thunderbolt digadang-gadang sebagai teknologi port berperforma tinggi yang mampu menjembatani pemindahan data dengan ukuran yang cukup besar dalam waktu yang relatif lebih singkat. Thunderbolt juga mampu menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dengan ukuran daya...

Rencana Strategis Badan Siber dan Sandi Negara Tahun 2018 – 2019

Perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan yang baik telah mendorong pelaksanaan penerapan sistem akuntabilitas kinerja bagi penyelenggara negara, sebagai instrumen utama pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan. Rencana Strategis (Renstra) merupakan salah...